21 Juta Warga Bakal Terima Bansos Pangan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 21 Maret 2023
21 Juta Warga Bakal Terima Bansos Pangan
Menteri Sosial Tri Rismaharini ditemui di Kantor Kementerian Sosial Jakarta, Senin (20/3/2023). (ANTARA/Devi Nindy)

MerahPutih.com - Kementerian Sosial (Kemensos) bakal mengucurkan bantuan sosial (bansos) pangan jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023.

Kemensos telah menyerahkan data 21.353.000 penerima bansos yang telah tercatat di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) untuk menerima bansos tersebut.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya telah menyerahkan data tersebut dua hari setelah datangnya permintaan.

Baca Juga:

Pemerintah Bagikan Bansos Pangan Jelang Ramadan

Alasan Mensos Risma menyelesaikan permintaan data tersebut dalam dua hari, karena membutuhkan waktu untuk menunggu pemerintah daerah melakukan perbaikan data khusus untuk triwulan I.

"Jadi surat itu, dua hari setelah masuk, saya langsung perbaiki surat itu selama dua hari untuk menyelesaikan itu. Sekarang sudah saya serahkan," ujar Mensos Risma, dikutip Antara.

Setelah menyerahkan data, Mensos Risma menekankan proses penyaluran bansos pangan sudah tidak menjadi kewenangannya.

Baca Juga:

Presiden Jokowi akan Bagikan Bansos hingga Sertifikat Tanah di Blora

Sebelumnya, pemerintah akan menyalurkan bansos pangan berupa bantuan besar, telur dan ayam yang akan diberikan selama tiga bulan jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bansos tersebut diperlukan guna menekan inflasi yang dipicu kenaikan harga pangan menjelang hari besar keagamaan.

Adapun saat ini regulasi mengenai penyaluran bansos pangan tengah disusun oleh pemerintah.

Pemberian bansos diutamakan pada desa-desa yang mendapatkan PKH dan BPNT. Airlangga mengharapkan, bansos pangan dapat segera diberikan kepada masyarakat pada Maret, April, dan Mei 2023. (*)

Baca Juga:

Pemerintah Bagikan Bansos Beras 10 Kg pada Maret-April-Mei 2023

#Kemensos #Bantuan Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan