2025 Jumlah Kendaraan Listrik Capai 19 Ribu Unit

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 18 Desember 2020
2025 Jumlah Kendaraan Listrik Capai 19 Ribu Unit
Kendaraan Listrik. (Foto: ESDM).

MerahPutih.com - Kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) pada 2025 di Indonesia, diprediksi mencapai 19 ribu unit kendaraan roda empat dan 750 ribu unit kendaraan roda dua. Ketersediaan kendaraan listrik itu berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 283 ribu ton CO2-e.

"Kita membutuhkan kerja yang luar biasa dan sinergi yang baik dalam mengimplementasikan Program KBLBB agar tercapai target-target yang telah ditetapkan," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kamis (17/12).

Baca Juga:

Jokowi Teken Perpres Tentang Mobil Listrik

Kementerian ESDM menegaskan jumlah tersebut masih sementara karena angkanya terus bertambah seiring dengan semangat seluruh pemangku kepentingan mendukung KBLBB sebagai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan.

Namun, angka tersebut menunjukkan peluang penyediaan dan pemanfaatan KBLBB sangat besar dan dibutuhkan kerja sama dan peran serta aktif dari seluruh unsur pentahelix ekosistem KBLBB.

Pada tahun 2030, pemerintah menargetkan terjadi penghematan devisa sebesar USD1,8 miliar dari pengurangan impor BBM setara 77 ribu bopd. Untuk mencapai kondisi tersebut, jumlah kendaraan listrik tahun 2030 ditargetkan sekitar 2 juta unit untuk kendaraan roda empat dan 13 juta unit untuk kendaraan roda dua.

Stasiun Pengisian Listrik.
Stasiun Pengisian Listrik. (Foto: Pemprov Jabar).

Ada pun penggunaan kendaraan listrik dengan target tersebut pada 2030 diharapkan dapat ikut menurunkan CO2 sebesar 11,1 juta ton CO2-e.

Kementerian ESDM terus mendukung rencana pembangunan SPKLU di 2.400 titik, dan SPBKLU di 10 ribu titik sampai dengan tahun 2025, serta peningkatan daya listrik di rumah tangga pengguna KBLBB.

"Penggunaan KBLBB juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas udara dan mendukung pencapaian target penurunan emisi gas rumah kaca nasional," tegasnya dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Milenial Indonesia Harus Melek Teknologi Mobil Listrik

#Kendaraan Listrik #ESDM
Bagikan
Bagikan