Teknologi

2022 Google Chrome Tutup Layanan untuk Pengguna Windows 7

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 04 Januari 2021
2022 Google Chrome Tutup Layanan untuk Pengguna Windows 7
Google Chrome tak akan bisa digunakan di sistem operasi lawas pada Januari 2022. (Foto: Unsplash/Benjamin Dada)

UNTUK kamu yang masih menggunakan sistem operasi Microsoft lawas seperti Windows 7, sepertinya kamu harus mempertimbangkan untuk berpindah sistem operasi. Soalnya, salah satu browser dari Google, yakni Google Chrome akan menutup layanan bagi sistem operasi tersebut.

Dilansir dari laman Metro, Google Chrome akan menghentikan layanan bagi para penggunanya yang masih menggunakan Windows 7 dan sistem operasi Windows yang lebih lawas. Penutupan layanan ini jadi seperti pemaksaan bagi para pengguna Windows 7 untuk berpindah sistem operasi menjadi Windows 10.

Baca juga:

Jutaan Orang Ternyata Masih Pakai Windows XP

Keputusan ini dibuat oleh Google sendiri pada Januari 2022, meski deadline yang dibuat sudah diperpanjang akibat pandemi COVID-19.

Penutupan layanan ini akan memaksa pengguna Windows 7 untuk berpindah ke Windows 10. (Foto: Unsplash/Tadas Sar)

Dukungan ini juga menjadi akhir bagi Windows 7 karena dukungan keamanan, dan beberapa aplikasi teranyar untuk Windows 7 sudah menutup akses ke aplikasi terbaru. Sistem operasi yang dirilis sejak 2009 tersebut sudah terbilang lawas, dan sistem operasi terbaru microsoft, yakni Windows 10 memiliki performa serta pemakaian komponen komputer yang lebih efisien bila dibandingkan dengan Windows 7.

Tetapi fakta tersebut tidak bisa menepis kenyataan bahwa pengguna yang masih menggunakan Windows 7 masih terbilang banyak. Menurut laman NetMarketShare, masih ada 20,93 persen pengguna di dunia masih menggunakan Windows 7, termasuk di Indonesia.

Google Chrome termasuk salah satu browser pilihan bagi para pengguna Windows serta Apple, dari kalangan PC, laptop, hingga smartphone dan tablet. Hal ini dikarenakan akses situs yang lebih cepat, extention yang lebih lengkap, hingga sudah terintegrasi dengan Google sebagai salah satu situs pencarian terbesar di dunia.

Baca juga:

Windows XP Ternyata Punya Tema Mirip Tampilan Mac, Sudah Coba?

Masih banyak pengguna di dunia yang menggunakan Windows 7. (Foto: CMIT Solutions)

Meski dengan kekurangan seperti memakan memori hingga prosesor yang berlebihan, alternatif untuk Google Chrome bisa meminimalisasi kekurangan tersebut, di antaranya Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan juga Opera.

"Setelah melawan situasi ini, dan mengumpulkan masukkan dari para pelanggan kami, Chrome tetap akan mendukung Windows 7 hingga 15 Januari 2022. Ini sudah kita perpanjang selama enam bulan sebelum rencana awal kita 15 Juli 2021," ujar Max Christoff, Engineering Director Chrome.

Mendengar dari kata-kata Christoff, sepertinya ia masih sayang dengan pengguna sistem operasi lawas Microsoft. Tetapi sekadar saran, sebaiknya sobat Merah Putih segera upgrade sistem operasi ke Windows 10. Selain lebih ringan, banyak aplikasi terbaru yang bisa kamu coba untuk komputer lawasmu. (dnz)

Baca juga:

Usai TikTok dan WeChat, AS akan Cekal Aplikasi Tiongkok Lainnya?

#Chrome #Teknologi #Windows #Windows 10
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan