Tesla Model Y, SUV Listrik Terbaru Tesla Segera Diperkenalkan Tesla Model Y- Electric SUV akan diresmikan pada 14 Maret. (Foto AndroidPIT.com)

BERSIAPLAH para pecinta otomotif, karena mobil keluaran Tesla Model Y SUV akan diperkenalkan secara resmi pada 14 Maret mendatang. Tesla, perusahaan kendaraan berbasis teknologi ini tidak bergantung pada bahan bakar fosil, melainkan pada teknologi baterai dan kelistrikan yang canggih.

Tesla model Y ini merupakan produk ke-5 dari perusahaan Tesla dan juga mobil berjenis SUV kedua setelah Tesla Model 3. Berikut hal yang telah diketahui sejauh ini tentang Tesla Model SUV terbaru yang akan diumumkan pada 14 Maret mendatang.

1. Perkembangannya dibanding Model 3

2020 Tesla Model Y SUV, Mobil Listrik Terbaru Keluaran Tesla
Model Y SUV menjadi mobil kelima keluaran Tesla. (Foto: greencarreports.com)

Tesla Model Y diramalkan akan memiliki angka penjualan yang jauh lebih tinggi daripada Tesla Model 3. Seperti yang diungkapkan Elon Musk, hal ini disebabkan karena, dibandingkan Tesla Model 3, Model Y ini akan memiliki harga 10% lebih mahal, ukuran 10% lebih besar, dan akan lebih cepat mengisi daya baterai.

2. Spesifikasi

2020 Tesla Model Y SUV, Mobil Listrik Terbaru Keluaran Tesla
75% Model Y mengikuti model 3 sebelumnya. (Foto: MarketWatch.com)

75% bagian dari Tesla Model Y mengikuti Model 3 sebelumnya, dan sisanya dipengaruhi dari Model S dan Model X. Model Y akan memiliki arsitektural mesin seperti model 3, dengan menggunakan motor Panasoni 2170-format cells keluaran Nevada Gigafactory.

3. Baterai

2020 Tesla Model Y SUV, Mobil Listrik Terbaru Keluaran Tesla
Baterai memiliki kapasitas yang mirip dengan Model 3. (Foto: ExtremeTech.com)

Meskipun Tesla tidak pernah merilis angka resmi pada jumlah kapasitas baterai, namun diharapakan Tesla Model Y ini dapat memiliki baterai yang mirip dengan Model 3, yaitu dengan battery level sebesar 50 kwh untuk standard range, 62 kwh untuk mid range, dan 75 kwh untuk long range.

Dikatakan akan mengalami peningkatan sebesar 10%, Model Y ini diperkirkan menawarkan jarak sebesar 200 mil pada Standard Range hingga sekitar 300 mil pada Dual Motor Long Range Models.

4. Harga

2020 Tesla Model Y SUV, Mobil Listrik Terbaru Keluaran Tesla
Elon Musk, CEO dari TESLA. (Foto: businessInsider.com)

Model Y ini diperkirakan berkisar antara $39,700 sampai $70.000 untuk seri yang paling tinggi. Seri paling tinggi dari Tesla Model Y ini hanya akan tersedia di Amerika saja.

5. Tanggal rilis

2020 Tesla Model Y SUV, Mobil Listrik Terbaru Keluaran Tesla
Tesla Model 3. (Foto: teslarati.com)

Mobil Model Y ini baru akan diantarkan kepada pembeli pada pertengahan 2020. Tesla juga saat ini sedang berkompetisi dalam bidang kendaraan berteknologi canggih dengan Ford, Volvo, Nissan, yang menjual kendaraan dengan ukuran dan harga yang setara. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH