Fashion

2020, Tahun Mati Gaya buat Streetwear

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 18 Desember 2019
2020, Tahun Mati Gaya buat Streetwear
Streetwear akan berganti gaya vintage di 2020. (foto: hypebeast.com)

TAHUN 2019 jadi era keemasan buat streetwear. Gaya jalanan muncul di berbagai kesempatan, bahkan dalam acara resmi seperti pernikahan. Banyak lini streetwear yang berjaya di 2019. Salah satunya Off-White.

Namun sayang, tren streetwear tak akan berlanjut di 2020. Hal itu diungkapkan founder Off-White Virgil Abloh. Sebagai pencetus gaya streetwear, Abloh mengatakan streetwear akan mati gaya dan berganti sesuatu yang vintage.

BACA JUGA:

Gaya streetwear berangkat dari tren fesyen era 90-an dengan produk-produk berasal dari gaya hidup hip-hop hingga skate yang berkarakter nyaman dipakai.

Abloh yang juga merupakan artistic director pakaian pria di Louis Vuitton itu mengatakan sudah cukup orang ke mana-mana pakai kaus dan sneakers. "Jelas aku akan mengatakan itu akan mati. Kau tahu? Sudah saatnya usai. Di benakku, berapa banyak lagi T-shirt yang akan kita punya, berapa banyak hoodies, berapa banyak sneakers," kata desainer fesyen asal Amerika Serikat yang juga berprofesi sebagai seorang DJ dan produser musik itu pada Dazed, Selasa (17/12), seperti dikutip Antara.

Abloh ialah orang pertama yang menaikkan derajat koleksi standar di lemari pakaian seperti kaus hingga sneakers menjadi barang mewah penuh gaya. Pada 2012, dia mencetak tulisan 'Pyrex Vision' besar-besar di belakang kemeja flanel Ralph Lauren.

streetwear
Streetwear akan berganti gaya vintage. (foto: Instagram @mtkgi)

Pyrex Vision adalah butik kecil-kecilan miliknya yang menjual fesyen streetwear. Ia menyulap barang-barang stok lama karya rumah desain Ralph Lauren itu menjadi karya baru berharga ratusan dolar.

Abloh mengatakan salah satu hal yang membuat streetwear mati gaya di 2020 ialah karena gaya vintage bisa mengekspresikan pengetahuan dan gaya personal seseorang. "Fesyen akan berubah dari belanja baju baru ke bongkar-bongkar koleksi lama," katanya.

Wah, sudah pasti para pencinta sneakers akan sedih dengan kabar ini.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan