2020 Ahok Berpeluang Besar Jadi Pemimpin Daerah Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berdiskusi dengan tim penasehat hukumnya saat sidang lanjutan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (11/4). Sidang

MerahPutih.com - Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai peluang mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk berkontestasi di Pemilu 2019 sangat kecil. Ahok, diyakininya, baru bisa terjun kembali ke dunia politik tahun 2020.

"Habis 2019 ya. Kalau sekarang sih enggak dahulu. Mungkin nanti 2020 Ahok punya peluang memimpin daerah lagi, kan ada Pilkada lagi tuh di 2020, mungkin bisa," kata Hendri saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (12/7).

Ahok mendekam ke Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat karena kasus penistaan agama, yang bergulir menjelang Pemilihan Kepada Daerah DKI Jakarta 2017.

Pada 9 Mei 2017, hakim memvonis Ahok hukuman 2 tahun penjara. Kini Ahok telah menjalani masa hukuman 1 tahun 2 bulan. Ahok juga mendapat remisi sehingga mendapatkan bebas bersyarat Agustus 2018.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di sidang ke-11 penistaan agama di auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (21/2). (ANTARA/M Agung Rajasa)

Namun, menurut Hendri 2019 bukan waktu yang tepat untuk Ahok kembali ke dunia politik. Pasalnya, kasus penistaaan agama yang menjeratnya masih menyisakan luka di sebagian besar masyarakat Indonesia.

"Kalau sekarang ini cukup riskan dan beresiko juga sih. Karena memang case yang dia bawa itu cukup dalam juga berimbas secara politik," ungkap dia.

Meski begitu, kata Hendri, peluang Ahok masuk dunia politik bisa dikatrol oleh Joko Widodo Jika kembali terpilih menjadi Presiden selama dua periode.

"Saya enggak tahu apakah kemudian Pak Jokowi berani untuk menyelematkan Ahok terang-terangan, itu saya enggak tahu. Mungkin nanti ada satu partai yang siap menampung Ahok dan menurut saya tidak ada ruginya menampung Ahok. Mungkin PSI ya," pungkasnya. (Pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH