20 Negara Boikot Pengiriman Pangan, Pemerintah Kerja Keras Tekan Kenaikan Harga

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 20 Juni 2022
20 Negara Boikot Pengiriman Pangan, Pemerintah Kerja Keras Tekan Kenaikan Harga
Cabai. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan, inflasi hingga Mei 2022 sebesar 3,55 persen secara tahun ke tahun (year on year/yoy), dan 2,56 persen secara tahun kalender (year to date/ytd).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, inflasi di Indonesia saat ini, termasuk paling rendah jika dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Baca Juga:

Inflasi Melonjak, Suku Bunga Pinjaman Bank Besar Naik Tajam

"Ini ada 20 negara lebih yang memboikot, tidak boleh jual pangannya. Ditambah (konflik) berkepanjangan Rusia dan Ukraina, sehingga harga pangan dunia naik," kata Zulhas, sapaan akrabnya, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/6).

Zulhas mengatakan, pemerintah sudah bekerja keras untuk mengendalikan inflasi domestik agar tidak terpengaruh signifikan oleh volatilitas harga pangan dan energi di pasar dunia.

Pemerintah, kata ia, telah memberikan subsidi beberapa komoditas pangan seperti kedelai dan jagung. Namun, ada beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga karena faktor musiman seperti cabai keriting dan cabai merah.

"Pemerintah kan bekerja keras untuk itu. Misalnya kedelai, itu diberi subsidi Rp 1.000 per kilogram. Lalu pakan ternak jagung itu juga dapat subsidi Rp1.500 per kilogram. Beras juga kalau ada kenaikan," katanya dikutip Antara.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan inflasi yang diukur atas Indeks Harga Konsumen (IHK) pada tahun 2022 akan meningkat hingga mencapai 4,2 persen.

Dana Moneter Internasional (IMF) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2022 dari 4,4 persen menjadi 3,6 persen, dengan inflasi yang diperkirakan meningkat dari 3,9 persen menjadi 5,7 persen. (*)

Baca Juga:

Harga Kebutuhan Bergejolak, Dalam Lima Bulan Inflasi Telah Capai 2,56 Persen

#Kemendag #Kemendagri #Sembako #Harga Sembako
Bagikan
Bagikan