2 WNI Positif Corona Warga Depok, Diisolasi di RSPI Sulianti Saroso

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 02 Maret 2020
2 WNI Positif Corona Warga Depok, Diisolasi di RSPI Sulianti Saroso
Menkes Terawan Agus Putranto ketika mengunjungi pengungsi di Kampus Universitas Borobudur, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020).(FOTO ANTARA/Prisca Triferna)

Merahputih.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut, dua pasien Warga Negara Indonesia (WNI) yang dirawat di Rumah Sakit Pusat Inveksi Sulianti Saroso merupakan warga Depok, Jawa Barat.

Kedua pasien merupakan ibu dan anak yang berusia 61 dan 31 tahun. Tak hanya itu, kediaman yang dihuni pasien positif virus Corona tersebut juga telah diisolasi.

"Rumahnya dicek. Ibu dan anak 61 dan 31 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah. Terkenanya di Jakarta, daerah Depok," ujar Terawan kepada wartawan di Istana Negara, Selasa (2/3).

Baca Juga:

Singapura Informasikan 58 Positif Virus Corona

Purnawirawan jenderal TNI bintang tiga ini menegaskan, Keduanya juga telah diisolasi di RSPI Sulianti Saroso di ruangan isolasi. Pasien tersebut mulai terdeteksi 1 Maret 2020 kemarin.

"Kita sudah dengar berita. Kita langsung lakukan pemeriksaan. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Dibandingkan kita mengacu. Karena tidak mungkin," tuturnya.

Antispasi wabah virus corona
Antispasi virus corona. (Ant)

Presiden Jokowi menyatakan tim yang melakukan pengecekan terhadap WN Jepang tersebut, kemudian mendapati siapa-siapa saja yang ditemui oleh warga negara Jepang ini. Dari situ ditemukan dua orang, dengan hubungan ibu dan anak dinyatakan positif Corona.

"Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Malaysia melaporkan tiga kasus baru COVID-19. Salah satu di antaranya adalah WN Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia. Ia sempat dikabarkan melakukan perjalanan ke Indonesia.

Baca Juga:

Apple Akan Buka Kembali 5 Store di Beijing? Enggak Takut Virus Corona?

Menanggapi hal ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto menjelaskan tengah melacak riwayat perjalanan WN Jepang tersebut saat ke Indonesia. (Knu)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan