2 PDP COVID-19 Peserta Ijtima Ulama Gowa Meninggal Dunia, Satu Dinyatakan Positif

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 13 April 2020
2 PDP COVID-19 Peserta Ijtima Ulama Gowa Meninggal Dunia, Satu Dinyatakan Positif
Petugas rumah sakit membawa jenazah PDP Covid-19 yang meninggal setelah mengikuti Ijtima Ulama Gowa, Minggu (12/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, Jawa Tengah menyatakan satu peserta Ijtima Ulama Dunia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 yang meninggal dunia bertambah satu orang.

Terbaru PDP COVID-19 peserta Ijtima Ulama di Gowa laki-laki berusia 50 tahun meninggal dunia di RSUD dr Moewardi Solo, Minggu (12/4) pukul 05.00 WIB dan dimakamkan di TPU Kauman, Desa Gawanan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga

PGI Imbau Umat Kristiani Bersatu Lawan COVID-19

Sebelumnya, peserta Ijtima Ulama di Gowa berstatus PDP COVID-19 juga meninggal dunia pada Jumat (10/4). Selain itu, juga ada satu peserta Ijtima Ulama di Gowa yang dinyatakan positif COVID-19 yang menjalani karantina di rumahnya.

"Ya benar, ada PDP Covid-19 yang tercatat sebagai peserta Ijtima Ulama di Gowa warga Kecamatan Colomadu meninggal dunia Minggu pagi," ujar Camat Colomadu, Eko Budi Hartoyo kepada MerahPutih.com, Minggu (12/4).

Warga menyiapkan makam untuk pemakaman PDP Covid-19 yang meninggal setelah mengikuti Ijtima Ulama Gowa, Minggu (12/4). (MP/Ismail)
Warga menyiapkan makam untuk pemakaman PDP Covid-19 yang meninggal setelah mengikuti Ijtima Ulama Gowa, Minggu (12/4). (MP/Ismail)

Eko mengungkapkan PDP yang memiliki riwayat sempat mengikuti Ijtima Dunia di Kabupaten Gowa, Sulsel ini meninggal saat menjalani perawatan di RSUD dr Moewardi, Solo. Pasien tersebut dirawat di rumah sakit di Solo sejak tiga hari yang lalu.

"Awalnya saat pulang dari Gowa tanggal 25 Maret lalu, saya minta karantina mandiri. Kemudian ada gejala sakit sesak napas dan demam dirujuk RSUD dr Moewardi tanggal 10 April," kata dia.

Ia menambahkan saat pemakaman tidak ada penolakan dari warga. Saat ini hasil tes swab PDP ini belum keluar. Keluarga PDP yang meninggal ini langsung diminta karantina di rumah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Purwanti menambahkan total ada tiga peserta Ijtima Ulama Gowa asal Kabupaten Karanganyar dengan perincian dua PDP meninggal dan satu positif COVID-19. Total ada dua pasien positif Covid-19 di Karanganyar sampai tanggal 12 April.

Baca Juga

Update COVID-19 Minggu (12/4): 4.241 Kasus Positif, 373 Meninggal Dunia

"Pasien positif COVID-19 tersebut perinciannya satu peserta Ijtima Ulama Gowa dan satu orang pengusaha punya riwayat perjalanan di Tangerang," tutup dia. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

#Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan