2 'Kekompakan' SBY dan Megawati di Sidang Tahunan MPR Saat Pandemi

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 14 Agustus 2020
2 'Kekompakan' SBY dan Megawati di Sidang Tahunan MPR Saat Pandemi
Momentum Megawati saat bersalaman dengan SBY dalam upacara pemakaman Ani Yudhoyono pada Juni 2019 sillam. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sidang tahunan MPR 2020 kali ini kompak sama-sama hadir secara virtual.

Keduanya mantan Presiden RI itu tidak hadir secara fisik di 'Rumah Rakyat' karena adanya pembatasan undangan akibat pandemi COVID-19 yang tengah melanda Indonesia dan dunia. Meski demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka pidatonya masih sempat menyapa kedua tokoh yang hadir secara virtual pagi ini.

Baca Juga:

Berharap Upacara Pemakaman Bu Ani, Jadi Momentum Perdamaian SBY-Megawati

"Yang kami hormati presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual, presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang juga hadir secara virtual," kata Presiden Jokowi dalam pidato sambutannya, di kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8).

Tak hanya sama-sama kompak hadir secara virtual, ada kesamaan lainnya di antara keduanya. Kedua anak SBY dan Megawati juga kompak sama-sama hadir secara fisik di acara sidang tahunan MPR kali ini.

AHY
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI di kompleks kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (14-8-2020). ANTARA/HO-Biro Pers Parlemen

Pantauan berdasarkan siaran langsung sidang tahunan, putra sulung SBY yang menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampak hadir di ruang Gedung Nusantara. Begitu pula Puan Maharani, putri sulung Megawati, juga tampak dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPR. Bahkan, petinggi PDIP itu ikut membuka sidang bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Untuk diketahui, sidang tahunan kali ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 sehingga para politisi yang hadir dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan. Tercatat dari 575 anggota DPR/MPR, sebanyak 176 orang hadir langsung di Gedung Nusantara. Sedangkan sisanya mengikuti sidang secara virtual, baik melalui aplikasi Zoom maupun siaran langsung televisi atau kanal YouTube.

Para Mantan Presiden dan Wakil Presiden juga hanya bisa menyimak secara virtual, tidak bisa hadir secara langsung. Dalam sidang tahunan ini, juga tidak dihadiri para duta besar negara sahabat yang biasa diundang hadir dalam sidang tahunan.

Dari pemerintah, selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amien hanya segelintir menteri yang hadir, yakni menteri yang merangkap ketum parpol seperti Menko Perekonomian Airlangga Susanto merangkap Ketum Golkar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketum Gerindra, serta sejumlah Menteri Koordinator. (*)

Baca Juga:

Jokowi Ungkap Keprihatinan Hilangnya Kegembiraan dan Karnaval HUT RI

#SBY #Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan