2 Kader PDIP Solo Daftar Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo, Pendamping Gibran? Sejumlah bakal calon di Pilkada serentak di Jawa Tengah mendaftar di Kantor DPD PDIP di Jalan Brigjend Katamso No.24, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (8/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah mencatat pada hari ketiga pendaftaran sebanyak 39 orang telah mendaftar bakal calon di Pilkada serentak di 21 kota/kabupaten pada 2020 mendatang.

Dari daftar 39 orang tersebut terdapat nama anggota DPRD Solo periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari fraksi PDIP, Ginda Ferachtriawan.

Baca Juga

Gibran Maju Pilwakot Solo, Gerindra: Bukan Nepotisme

Selain itu juga ada mantan anggota DPRD Solo periode 1999-2004 dan 2004-2009, Purwono yang mendaftar. Kedua kader PDIP ini mendaftar sebagai bakal calon wakil wali Kota Solo

Munculnya nama Ginda dan Purwono ini diprediksi bakal mendampingi Gibran Rakabuming Raka di Pilwakot Solo 2020. Gibran sendiri baru mendaftar sebagai bakal calon wali Kota Solo pada Kamis (12/12) di DPD PDIP Jawa Tengah.

Sosok Ginda sendiri merupakan anggota DPRD yang selama menjabat anggota DPRD Solo dikenal vokal dalam mengkritisi kebijakan Pemkot Solo yang dipimpin Wali Kota Solo, FX. Hadi Rudyatmo yang juga menjabat Ketua DPC PDIP Solo. Ginda juga tampak akrab beberapa kali bersama Gibran dalam kegiatan partai

Sejumlah bakal calon di Pilkada serentak di Jawa Tengah mendaftar di Kantor DPD PDIP di Jalan Brigjend Katamso No.24, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (8/12). (MP/Ismail)
Sejumlah bakal calon di Pilkada serentak di Jawa Tengah mendaftar di Kantor DPD PDIP di Jalan Brigjend Katamso No.24, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (8/12). (MP/Ismail)

"Ya benar khusus Pilwakot Solo sudah ada dua orang yang mengambil formulir sebagai bakal calon wakil wali Kota Solo. Formulir itu harus dikembalikan pada tanggal 12 Desember," ujar ketua panita pendaftaran bakal calon kepala daerah DPD PDIP Jawa Tengah, Abang Baginda Hasibuan, Minggu (8/12).

Baca Juga

Pilwakot Solo 2020, Perang Spanduk Antara Purnomo-Teguh dan Gibran Mulai Sengit

Baginda mengatakan DPD PDIP Jawa Tengah mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di Pilkada 21 kota/kabupaten di Jawa Tengah mulai tanggal 6-12 Desember 2019. Pendaftaran ini terbuka bagi umum bukan hanya untuk kader PDIP.

"Bakal calon yang tidak bisa mendaftar di DPC karena sudah ditutup bisa mendaftar lewat DPD PDIP Jawa Tengah," kata dia.

Diketahui DPP PDIP mengeluarkan surat internal partai mengenai dasar pendaftaran calon kepala daerah Surat Nomor 918/IIN/DPP/XI/2019 tertanggal 21 November 2019 perihal Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Serentak Tahun 2020.

Surat yang ditandatangani langsung Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto tersebut disampaikan kepada semua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP yang menggelar Pilkada serentak 2020. Kota Solo sendiri masuk dalam 21 daerah yang menggelar pilkada tahun depan.

Baca Juga

Ratusan Relawan Bakal Dampingi Gibran Daftar Pilwakot Solo Lewat DPD PDIP Jateng

Berita ini merupakan laporan Ismail, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH