2 Juta Tiket Kereta Api untuk Mudik Sudah Terjual

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 14 April 2023
2 Juta Tiket Kereta Api untuk Mudik Sudah Terjual
Penumpang berjalan di peron Stasiun Yogyakarta, Rabu (5/4/2023). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww. (Antara Foto/Hendra Nurdiyansyah)

MerahPutih.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mematangkan persiapan menghadapi lonjakan pemudik Lebaran 2023.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, seluruh komisaris, direksi, dan jajaran KAI akan melaksanakan posko angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan Kereta api dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

Menurut Didiek, pada Lebaran tahun 2023, KAI telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal.

Baca Juga:

1,92 Juta Tiket Kereta Api Lebaran Terjual

"Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan. Semua sudah siap," kata Didiek di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (14/4).

Menurut Didiek, untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP.

Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

"KAI konsisten memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan," ujar Didiek.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI menambah petugas prasarana meliputi petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL) 345 orang, Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ) 363 orang, dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus) 180 orang.

Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib.

"KAI menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari 1.256 Polsuska, 2.467 sekuriti, serta 442 TNI/Polri (eksternal)," ungkap Didiek.

Baca Juga:

Daftar Kereta Api Yang Dapat Tiket Diskon Mudik 20 Persen

KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat.

"Termasuk meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar," ungkap Didiek.

Pada angkutan Lebaran 2023 ini, KAI Group menyediakan 6,9 juta tempat duduk selama periode tersebut.

Sampai dengan 14 April 2023, KAI telah menjual 2 juta tiket KA Jarak Jauh.

"Atau 66 persen dari total 3 juta tiket KA Jarak Jauh yang disediakan," jelas Didiek.

Sementara itu, Direktur Keamanan dan Keselataman KAI, Sandry Pasambua menyebut, mayoritas tujuan keberangkatan kereta saat mudik mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Seperti di Gambir hari ini gambir 12 ribuan, tren mulai hari ini meningkat," ungkap Sandry.

Ia memprediksi, puncak arus mudik menggunakan kereta berlangsung di hari mendekati Lebaran.

"Nanti di tanggal 20 April atau H-2 ya," jelas Sandry. (Knu)

Baca Juga:

Tiket Kereta Api untuk Mudik Sudah Terjual 53 Persen

#Mudik Lebaran #PT KAI
Bagikan
Bagikan