2,5 Juta Warga Jakarta Masih Belum Divaksin Dengan Berbagai Alasan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 13 September 2021
2,5 Juta Warga Jakarta Masih Belum Divaksin Dengan Berbagai Alasan
Vaksinasi keliling. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Tercatat, per 11 September2021, sekitar 2,5 juta warga pemilik kartu tanda penduduk (KTP) Jakarta belum mendapatkan suntikan vaksin.

"Per 11 September warga DKI yang divaksin sebanyak 10,3 juta. Warga yang ber-KTP DKI belum vaksin itu sebanyak 2,5 juta," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berada di Masjid Al-Wiqoyah Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (12/9).

Baca Juga:

Vaksinasi COVID-19 Capai 92 Persen, Pemkot Solo Targetkan September Tuntas

Anies mengatakan, sebagian besar warga yang belum mendapatkan vaksinasi karena tidak ingin vaksin dengan berbagai alasan. Dengan kondisi ini, sambung dia, harus diajak secara persuasif.

Anies menjelaskan, alasan lain warga belum mendapat vaksinasi lantaran telah pindah domisili. Namun, kebanyakan mereka tidak melepaskan data kependudukan di Jakarta.

"Sebagian memang tidak mau vaksin, harus diajak. Sebagian lagi orangnya KTP Jakarta tapi pindah, tidak mencabut KTP. Tapi masih tercatat sebagai KTP Jakarta," tuturnya.

Ia menambahkan, mereka yang belum vaksin tersebut harus diupayakan agar dapat menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi di Ibu Kota dalam waktu dekat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, mereka harus diupayakan mengikuti vaksinasi COVID-19 sehingga pelaksanaan vaksinasi di Ibu Kota bisa selesai dalam waktu dekat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto:  Antara)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

"Jadi, kalau di Jagakarsa ada 100 ribu, insya Allah 100 ribu di Jagakarsa segera tuntas, angkanya turun. Nanti kita kejar ke tempat lainnya supaya angka yang belum vaksin di Jakarta insya Allah mendekati nol," katanya.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sebanyak 41.734.734 (41,73 juta) warga Indonesia telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara lengkap hingga Minggu (12/9). Jumlah warga yang menerima dua dosis vaksin itu mengalami penambahan sebanyak 200.394 orang. Untuk jumlah penerima vaksin dosis pertama bertambah 517.475 orang sehingga kini menjadi 72.766.195 (72,77 juta) orang.

Kemkes juga menyebutkan penerima dosis vaksin ketiga sudah mencapai 778.830 orang atau bertambah 3.105 orang. Target sasaran vaksinasi sebanyak 208.265.720 jiwa. (Knu)

Baca Juga:

Tinjau Vaksinasi Pelajar SLB di DIY, Jokowi: Tetap Patuhi Prokes

#Jakarta #Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Anies Baswedan
Bagikan
Bagikan