18 April Mendatang Bioskop Pertama Arab Saudi Dibuka Ilustrasi. (Foto: pixabay/12019)

PELARANGAN bioskop di Arab Saudi segera berakhir. Seperti diberitakan Reuters melalui Antara tanggal 18 April mendatang bioskop pertama sejak 35 tahun terakhir ini akan segera dibuka di Kota Riyadh.

Pengumuman tersebut disampaikan usai otoritas setempat menandatangani perjanjian dengan AMC Entertainment Holdings untuk membuka 40 bioskop selama lima tahun mendatang.

Nantinya, bioskop-bioskop tersebut tidak akan dipisahkan menurut gender sebagaimana area piblik lainnya di Arab Saudi. Sebenarnya negara kerajaan itu dulu sudah punya beberapa fasilitas layar lebar di athun 1970. Namun fasilitas tersebut ditutup.

Bioskop pertama AMC berkolasi di Distrik Finansial Raja Abdullah. Sebelum dijadikan tempat bioskop, gedung tersebut digunakan sebagai tempat pertunjukan simfoni.

Teater utama dalam bioskop itu akan menyediakan 500 kursi berlapis kulit, balkon, dan kamar mandi berlantai marmer. Tiga teater tambahan akan dibangun pada pertengahan musim panas.

"Kami berpendapat ini akan menjadi teater paling cantik di dunia. Ini adalah bangunan yang dramatis," kata eksekutif AMC, Adam Aron.

Guna memenuhi kebutuhan hiburan 32 juta warga yang sebagian besar dibawah 30 tahun. Rencananya Arab Saudi akan membangun sekitar 350 bioskop dengan 2.500 teater hingga tahun 2030. Dari umlah tersebut diperkirakan mendapat nilai ekonomi sebesar satu milyar dolar AS per tahun. (*)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH