17 Tahun Reformasi, Hutang Negara Capai Rp 4.000 Triliun 5000 masa berkumpul dan melakukan aksi di depan Istana Merdeka, Jakarta (20/05). (Foto: MerahPutih/Novriadi Sitompul)

Merah Putih Nasional - Satu persatu aktivis pergerakan 1998 mengaku kecewa dengan hasil reformasi. Selama 17 tahun reformasi berlangsung banga Indonesia tidak kunjung baik. Kekecewaan para demonstran semakin meningkat ketika agenda reformasi dibajak dan ditunggani oleh mafia pemilik modal.

Ubedilah Badrun salah satu aktivis pergerakan 1998 yang dahulu tergabung dalam Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta mengaku kecewa dengan perjalanan 17 tahun reformasi. Kekecewaan ditambah saat para elite politik menunggangi aksi reformasi.

Pasca jatuhnya rezim Orde Baru hingga era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla pemerintahan dinilai belum berjalan efektif. Belum lagi hasil pemilu legislatif (pileg) dan pilkada yang melahirkan anggota DPR RI/DPRD dan kepala daerah yang dinilai tidak berkualitas.

"Konstitusi dan undang-undang makin dikesampingkan," kata Ubed kepada merahputih.com, Rabu (20/5).

Ubed yang juga analis politik Puspol Indonesia menambahkan, selama 17 tahun reformasi angka pertumbuhan ekonomi masih berada di kisaran 4 hingga 5 %, kewibaan negara bergerak menurun dan demokrasi diukur dengan otak-atik angka survei.

Persoalan lain yang juga membuat miris adalah bertambahnya hutang negara yang saat ini mendekati Rp 4.000 triliun. Dalam kondisi demikian, agenda dan semangat reformasi semakin jauh dari harapan. Cita-cita reformasi menjasi semakin sulit direalisasikan.

"Itulah fakta setelah 17 tahun reformasi, fakta yang bertentangan dengan cita cita reformasi ketika kami dengan akal, keringat, darah dan kematian berjuang meruntuhkan rezim diktator dan korup pada 1998," tandas Ubed. (bhd)

BACA JUGA:

Agenda Reformasi 98 Dibajak Mafia Pemilik Modal 

Dijamu Makan Malam, Aktivis BEM Batal Demo Jokowi 

Jaringan 98: Reformasi Telah Mati 

Demo 20 Mei, Jokowi Diminta Jangan Kabur dari Istana 

Progres 98: Jokowi-JK Pembohong, Turunkan! 

April Mop, Jokowi Umumkan Pengunduran Diri

 

 



Bahaudin Marcopolo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH