17 Stasiun KA di Jabodetabek Sumber Kemacetan

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 04 Desember 2017
17 Stasiun KA di Jabodetabek Sumber Kemacetan
Suasana di depan Stasiun Manggarai. Foto: Ist

MerahPutih.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menilai 17 stasiun kereta api di Jabodetabek merupakan salah satu sumber kemacetan di ibu kota.

"Stasiun-stasiun ini seringkali dimanfaatkan oleh ojek, bajaj bahkan bus Transjakarta untuk 'mengetem' dan itu berbaris panjang," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono dalam diskusi di Jakarta, Minggu (3/12).

Dia menyebutkan 17 titik stasiun itu ialah, Stasiun Jatinegara, Stasiun Sudirman, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah bang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Cawang, Stasiun Manggarai, Stasiun Kebayoran, Stasiun Cikini.

Kemudian Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Duren Kalibata, Stasiun Palmerah, Stasiun Grogol, Stasiun Tebet, Stasiun Klender, Stasiun Karet.

"Stasiun pertama yang ditata oleh kami adalah Stasiun Sudirman. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun terpadat dengan jumlah commuter mencapai 60 ribu orang per hari," tuturnya seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, menurut dia terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh banyak ojek daring yang menunggu pengguna KRL di ruas jalan sekitar stasiun sudirman.

Bambang menjelaskan penanganan kemacetan dilakukan dengan memindahkan lokasi menunggu ojek daring di ruas jalan ke bangunan bekas Pasar Blora.

Stasiun kedua yang sekarang sedang ditangani yaitu Stasiun Manggarai dan sudah dikoordinasikan dengan pihak DAOP I, PT KAI, Dishub DKI dan pihak terkait lainnya.

"Saya yakin dengan cara ini, pasti kemacetan akan terurai dan kecepatan akan bertambah," ujarnya.

#Stasiun Manggarai #Stasiun Kota #Stasiun Klender
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan