Sepak Bola

16 Tahun di Madrid, Florentino Perez Depak 12 Pelatih

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 30 Oktober 2018
16 Tahun di Madrid, Florentino Perez Depak 12 Pelatih
Florentino Perez (kanan) saat perkenalkan Julen Lopetegui sebagai pelatih Real Madrid. (Zimbio)

Merahputih.com - Bukan rahasia lagi, menjadi pelatih Real Madrid merupakan posisi impian sekaligus petaka. Kursi kepelatihan Los Blancos tidak dimungkiri merupakan yang paling prestise tapi juga terpanas.

Terlebih saat Real Madrid berada di bawah Florentino Perez sebagai presiden. Memang tidak sedikit klub di Eropa dan dunia yang hobi bergonta-ganti pelatih. Sebut saja Chelsea di era Roman Abramovich.

Dan di Madrid, Florentino Perez sangat mudah mendepak pelatih yang dinilainya gagal. Perez sendiri menjadi presiden Madrid untuk dua periode yang berbeda. Pertama kali dia menjadi orang nomor satu Madrid pada 2000 hingga 2006. Sedangkan periode kedua pada 2009 sampai saat ini.

Total, Perez sudah 16 tahun memimpin Los Blancos. Salah satu langkah Perez yang paling dikenal adalah kesukaannya mengumpulkan para bintang dunia. Di eranya pula muncul istilah Galacticos.

Namun di bawah Perez pula Madrid berulang kali berganti arsitek. Bayangkan dalam rentang 16 tahun, sudah 12 pelatih yang dipecat atau memilih berhenti. Julen Lopetegui menjadi korban terakhir.

Pelatih yang "dicuri' Madrid dari timnas Spanyol itu hanya bertahan empat bulan sebagai pelatih. Lopetegui dipecat usai Madrid kalah telak 1-5 di El Clasico. Sebenarnya, keputusan untuk mendepak Lopetegui sudah tercium sejak Madrid dikalahkan Levante sepekan sebelumnya.

Ya, saat menyaksikan langsung laga melawan Levante, di tribun kehormatan Perez dikabarkan mengatakan sudah hilang kepercayaannya kepada Lopetegui. Perez mengatakan Lopetegui bukan sosok yang tepat bagi Madrid.

Saat menjabat sebagai presiden Madrid pada periode pertama, Perez mengganti enam pelatih, Vicente Del Bosque, Carlos Queiroz. Jose Antonio Camacho, Mariano Garcia Remon, Vanderlei Luxemburgo, dan Juan Ramon Lopez Caro.

Sedangkan pada periode kedua, ada tujuh pelatih yang diganti, Manuel Pellegrini, Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Rafa Benitez, Zinedine Zidane, dan Julen Lopetegui.

Bukan tidak mungkin, jumlah itu akan bertambah di masa yang akan datang. (*/bolaskor.com)

#Sepak Bola #Real Madrid #Florentino Perez
Bagikan
Bagikan