150 Penyandang Disabilitas di Kota Bandung Dapat Vaksin COVID-19

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 08 Juli 2021
150 Penyandang Disabilitas di Kota Bandung Dapat Vaksin COVID-19
Vaksinasi penyandang disabilitas di Bandung. (Humas Bandung)

MerahPutih.com - Sebanyak 150 orang penyandang disabilitas di Kota Bandung mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama. Jumlah disabilitas di kota ini mencapai 1.300 orang. Vaksinasi dilakukan di Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (8/7).

"Disabilitas Kota Kandung ada 1.300 orang. Alhamdulillah hari ini 150 orang, mudah-mudahan vaksinasi kepada teman-teman disabilitas bisa terus berjalan," terang Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga

Kejar Target 50 Ribu Suntikan Per Hari, Pemkot Bandung Latih 1.000 Tenaga Vaksinasi

Pelaksanaan vaksinasi tersebut mendapat dukungan dari Grab yang melakukan penjemputan dan pengantaran penyandang disabilitas. “Alhamdulillah dukungan dari berbagai pihak mengalir karena memang tujuannya untuk membentuk herd imunnity," sambungnya.

Ia menegaskan, Pemerintah Kota Bandung berkomitmen memberikan vaksinasi COVID-19 kepada siapa pun. Untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity harus mencakup berbagai kelompok masyarakat, termasuk kaum disabilitas.

"Ini menunjukkan keberpihakan pemerintah bahwa proses vaksinasi dilakukan dan diberikan kepada siapa pun," ungkap Yana.

Vaksinasi penyandang disabilitas di Bandung. (Humas Bandung)
Vaksinasi penyandang disabilitas di Bandung. (Humas Bandung)

Yana menyebut, vaksinasi khusus bagi penyandang disabilitas ini merupakan pertama kalinya di Kota Bandung. Sebab, untuk kaum disabilitas prosesnya tidak mudah dan diperlukan penanganan khusus.

Terkait target percepatan vaksinasi COVID-19 di Kota Kembang, Yana menyebut, dosis pertama sudah mencapai sekira 600 ribu orang.

"Di Kota Bandung itu awalnya target vaksinasi 1,8 jutaan sekarang naik menjadi sekitar 2 jutaan," ucapnya.

Dengan tenaga vaksinator yang dimiliki, Yana optimis Pemkot Bandung mampu menyelesaikan target percepatan vaksinasi dalam kurun waktu dua bulan. Namun dengan catatan dosis vaksinnya tersedia.

"Vaksinator itu kita punya 1.000 orang. Kalau sekarang target 2 juta kurangi 600 ribu, berarti 1,4 juta. Kalau misal satu orang vaksinator menyuntik 50 orang per hari, berarti sehari kita bisa memvaksin 50.000 orang," tuturnya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga

Pemkot Bandung-Vihara Tanda Bhakti Gelar Vaksinasi COVID-19

#Vaksinasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan