15 Orang Tewas dalam Serangan Bom di Kota Quetta

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 14 Agustus 2017
15 Orang Tewas dalam Serangan Bom di Kota Quetta
ilustrasi. (ANTARA FOTO/REUTERS/Abed Omar Qusini)

MerahPutih.Com - Sebuah bom meledak di dekat sebuah pasar, di kota Quetta, Pakistan pada Sabtu (12/8). Sebanyak 15 orang diperkirakan tewas akibat ledakan bom yang menyasar patroli paramiliter tersebut.

Menteri Dalam Negeri Provinsi Baluchistan, Sarfraz Bugti berdasarkan informasi yang dihimpun, 15 orang meniggal sementara 40 orang lainnya terluka.

"Menurut informasi yang kami terima sejauh ini, terdapat sekitar 15 korban jiwa, mereka menjadi martir, dan sekitar 40 orang terluka," kata Bugti.

Dia mengatakan bahwa telah diberlakukan keadaan darurat di wilayah itu, dan semua rumah sakit dalam kondisi siaga.

Kelompok IS Timur Tengah, yang memiliki cabang pemberontak di Afghanistan dan Pakistan, mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut beberapa saat setelah serangan dilancarkan. Mereka mengatakan bahwa serangan seorang pelaku bom bunuh diri dengan mengendarai sepeda motor telah menewaskan 17 tentara.

Kepala pasukan penjinak bom Quetta, Aslam Tareen, mengatakan bahwa informasi awal terkait peristiwa itu adalah seorang pelaku bom bunuh diri menabrakkan sepeda motornya ke arah kendaraan militer.

Sayap tentara Pakistan mengatakan patroli tersebut menjadi sasaran serangan, setidak-tidaknya terdapat tujuh warga sipil di antara 15 orang yang tewas itu.

"Para teroris mencoba mengacaukan penyambutan perayaan 70 tahun kemerdekaan Pakistan dari Inggris yang jatuh pada Senin nanti," kata kepala staf tentara, Jenderal Qamar Javed Bajwa.

Kelompok pemberontak di Baluchistan telah melancarkan sejumlah serangan terhadap pemerintah pusat selama beberapa dasawarsa belakangan. Mereka menuntut bagian yang lebih besar dari hasil sumber daya propinsi, yang kaya akan gas alam.

Sumber: ANTARA

#Pakistan #Bom Bunuh Diri
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan