15 Cabor Akan Dipertandingkan di Asian Para Games 2018

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 28 Januari 2016
15 Cabor Akan Dipertandingkan di Asian Para Games 2018
Pertemuan Anggota APG di Riyadh, Arab Saudi

Merahputih Olahraga- Asian Para Games (APG) 2018 yang akan digelar di Indonesia, bakal mempertandingkan 15 cabang olahraga (cabor). Namun, ada pertimbangan penambahan tiga cabor lagi yang bisa ikut dipertandingkan yaitu catur, bowling lapangan dan anggar kursi roda.

Adapun untuk 15 cabor yang sudah disetujui bakal dipertandingkan antara lain atletik, renang, angkat berat, tenis meja, tenis kursi roda, bulutangkis, bowling, boccia, panahan, football 7a-side, goalball, bola voli duduk, basket kursi roda, menembak dan judo.

"Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018. Jumlah cabor yang dipertandingkan penting untuk dipastikan karena ini menyangkut persiapan venue dan sarana pendukung, juga jumlah atlet-atlet nasional yang dipelatnaskan," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, di sela-sela rapat koordinasi bersama Asian Paralympic Comitee (APC) di Ryadh, Kamis (28/1).

Menpora Imam memimpin langsung delegasi Indonesia dalam pertemuan tersebut. Didampingi jajaran pejabat Kemenpora diantaranya Deputi Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto. Sementara dari pihak Asian Paralympic Comitee dipimpin langsung oleh Presiden APC, Majid Rashed.

Cak Imam, sapaan akrab Menpora mengaku bersyukur dan senang atas penyambutan dan penghormatan yang luar biasa kepada delegasi Indonesia dari pengurus APC dan pemerintah Kerajaan Saudi Arabia di Riyadh. Masih dilanjutkan Cak Imam, berharap momen ini makin mempererat hubungan antara Indonesia dengan Saudi Arabia.

Selain membahas jumlah cabor yang akan dipertandingkan, pertemuan dengan Asian Paralympic Comitee kali ini juga akan membahas soal wewenang tuan rumah dan right fee atau biaya kompensasi tuan rumah ke APC. Poin pembahasan yang disebutkan terakhir menjadi penting karena pihak Indonesia merasa perlu menegosiasi jumlah yang di patok yakni sebesar sebesar USD 2,5 juta (Rp 34 miliar).

Sebelumnya, Menpora Imam sempat mempertanyakan rasionalisasi biaya kompensasi tuan rumah yang dinilai terlalu besar.

"Itu (biaya konpensasi tuan rumah) rasionalisasinya untuk apa, karena belum tanda tangan kontrak mungkin masih bisa dinego," tegas Menpora saat rapat koordinasi persiapan APG 2018 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menpora Imam bangga Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 yang merupakan paket dari Asian Games 2018. Ajang ini bisa dijadikan semangat serta motivasi baru khususnya bagi penyandang disablitas di Tanah Air agar tetap percaya diri meraih prestasi.

Indonesia juga sudah siap menggelarnya dengan telah diterbitkannya Keppres Panitia Nasional Asian Para Games 2018.(esa)

BACA JUGA:

  1. Ridwan Kamil Tantang Rudy Hartono Bertanding Bulutangkis
  2. Mychelle Raih Penghargaan Atlet Muda PB Djarum Berprestasi 2015
  3. Tan Joe Hok Kembalikan US$1.000 Pemberian Pemerintah
  4. Penyelenggaraan Sirnas 2016 Dipangkas Jadi 8 Kota
  5. Tommy Sugiarto Ditargetkan Masuk Peringkat 10 Besar Dunia
#Olah Raga #Asian Para Games #Imam Nahrawi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan