15.888 Orang Ikuti Seleksi Mandiri UNS Surakarta, Jurusan Kedokteran Paling Favorit Rektor UNS Jamal Wiwoho (kiri) memberikan keterangan terkait hasil Seleksi Mandiri (SM) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu (21/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak 15.888 orang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) jalur Seleksi Mandiri (SM) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

Pendaftaran seleksi mandiri UNS Surakarta sendiri digelar serentak di delapan kota. Delapan kota tersebut, yakni yakni UNS Surakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjajaran di Bandung, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Universitas Lampung, Universitas Sumatera Utara di Medan, Universitas Hasanuddin di Makassar, dan Universitas Negeri Surabaya.

Baca Juga: UNS Surakarta Terima 3.361 Mahasiswa di Jalur SBMPTN 2019

"Minat masyarakat untuk mendaftar seleksi mandiri di UNS Surakarta sangat luar bisa. Kami mencatat ada sebanyak 15.888 orang," ujar Rektor UNS Jamal Wiwoho pada MerahPutih.com, Minggu (21/7).

Ia menjeskan pihak panitia telah mencoret sebanyak 795 orang akibat tidak hadir saat ujian tertulis. Seleksi mandiri ini bagian dari memenuhi kouta 20 persen UNS Surakarta tahun 2019 yang menyediakan sebanyak 1.320 mahasiswa baru untuk program S1 dan 382 untuk vokasi.

"Sebelumnya pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019/2020, kami menerima sebanyak 3.361 mahasiswa," kata Jamal.

Rektor UNS Jamal Wiwoho (kiri) memberikan keterangan terkait hasil Seleksi Mandiri (SM) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu (21/7). (MP/Ismail)
Rektor UNS Jamal Wiwoho (kiri) memberikan keterangan terkait hasil Seleksi Mandiri (SM) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu (21/7). (MP/Ismail)

Jamal mengatakan ada lima orang penyandang disabilitas yang mengikuti tes di kampus UNS. Mereka mendapatkan pendampingan dari dosen Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang menjadi panitia seleksi mandiri.

"Jurusan kedokteran masih menjadi favorit dengan 2.582 pendaftar. Kemudian program studi Ilmu Hukum dan Farmasi dengan masing-masing 1.273 pendaftar dan 1.099 pendaftar," papar dia.

Baca Juga: Gagal Masuk Negeri, Ini Pilihan Alternatif Universitas Swasta Terbaik

Untuk program vokasi, kata Jamal, ada D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan 375 pendaftar. Kemudian D3 Teknik Informatika dengan 276 pendaftar.

"Hasil tes UTBC akan kita gabung dengan hasil tes dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dan prestasi non-akademik. Kami akan umumkan hasil seleksi mandiri UNS Surakarta pada tanggal 31 Juli 2019," tutup dia.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, reporter merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga artikel menarik lainnya dalam: 364 Peserta Disabilitas Lulus SBMPTN


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH