13 Warga Tertimbun Longsor Telah Ditemukan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 26 November 2022
13 Warga Tertimbun Longsor Telah Ditemukan
Marinir TNI AL dan SAR gabungan hingga Sabtu (26/11/2022) mengevakuasi 13 warga yang tertimbun tanah longsor di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. ANTARA/HO-Dinas Penerangan Angkatan Laut.

MerahPutih.com - Prajurit Korps Marinir TNI AL dan SAR gabungan hingga Sabtu telah mengevakuasi 13 warga yang tertimbun tanah longsor akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.

"Pencarian terus dilaksanakan dan tetap memperhatikan faktor keamanan," kata Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI Marinir Hermanto yang juga Komandan Satgas TNI AL Penanggulangan Bencana Alam, Sabtu (26/11).

Baca Juga:

BIN Gunakan Aplikasi Canggih Bantu Penanggulangan Gempa Cianjur

Hermanto mengatakan Satgas TNI AL bersama Basarnas dan satgas lainnya akan terus melakukan pencarian korban semaksimal mungkin.

Dalam misi pencarian itu, tim akan berhati-hati mengingat kondisi korban yang tertimbun tanah longsor sudah tiga hari.

"Kami bersama perangkat desa, Basarnas dan unsur yang lain akan terus membantu pencarian, dan evakuasi sampai ketemu serta tetap semangat," ujar dia.

Diperkirakan sekitar 30 warga di Desa Cijedil tertimbun tanah longsor maupun reruntuhan bangunan akibat gempa bumi yang memporak-porandakan daerah itu.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengamanatkan kepada Satgas TNI AL agar memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki matra TNI itu.

Penanganan isu kemanusiaan dan bencana alam harus dikerjakan sampai tuntas, dan seluruh personel diperintahkan cepat tanggap melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat, pesan Kasal.

Yang tidak kalah penting, dalam penugasan tersebut harus tetap berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait termasuk para relawan yang terlibat dalam misi kemanusiaan itu.

Salah seorang warga Desa Cijedil, Cianjur Solikhin berharap tim gabungan dapat segera menemukan anggota keluarganya yang turut menjadi korban tanah longsor.

"Saya sangat berharap anggota keluarga saya yang tertimbun longsor jenazahnya dapat diketemukan," ujar dia pula.

Solikhin merupakan salah satu dari 40 kepala keluarga yang rumahnya terletak di tebing dan menjadi korban tanah longsor akibat gempa yang terjadi.

Dalam musibah itu empat anggota keluarganya dilaporkan hilang, dan satu jenazah di antaranya telah ditemukan. (Knu)

Baca Juga:

Jenazah Ibu dan Anak Korban Gempa Cianjur Ditemukan Berpelukan

#Bencana Alam
Bagikan
Bagikan