13 Ribu Senjata Nuklir di Dunia Jadi Ancaman Nyata Manusia

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 27 September 2022
13 Ribu Senjata Nuklir di Dunia Jadi Ancaman Nyata Manusia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Pertemuan Tingkat Tinggi untuk Memperingati dan Mempromosikan Hari Internasional untuk Perlucutan Senjata Nuklir. (Foto: Kemenlu)

MerahPutih.com - Indonesia hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi untuk Memperingati dan Mempromosikan Hari Internasional untuk Perlucutan Senjata Nuklir di PBB.

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka mendorong seluruh negara pemilik nuklir menjalankan komitmennya untuk menghapus senjata nuklir, serta bekerja sama dalam memastikan hak setiap negara dalam penggunaan energi nuklir untuk tujuan damai.

Baca Juga:

Tiongkok Kumpulkan Puluhan Ahli Nuklir

Pertemuan itu merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan atas mandat Resolusi Majelis Umum PBB No.68/32 tahun 2013, yang diajukan oleh Indonesia, atas nama Gerakan Non-Blok.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa senjata nuklir adalah ancaman nyata bagi umat manusia.

"Senjata nuklir merupakan ancaman nyata bagi umat manusia. Apalagi saat ini terdapat lebih dari 13 ribu senjata nuklir di dunia," kata Menlu Retno di New York, Amerika Serikat.

Menlu Retno menyebutkan, negara-negara yang memiliki senjata nuklir terus memodernisasi persenjataan nuklir mereka.

Situasi itu, menurut dia, telah menambah keprihatinan Indonesia terhadap perkembangan yang lambat dan kurangnya komitmen dalam upaya perlucutan senjata nuklir.

Terkait hal itu, Menlu Retno pun menyampaikan tiga pesan utama, yaitu perlucutan senjata nuklir harus terus menjadi prioritas bersama, mekanisme perlucutan senjata global perlu diperkuat, dan pemanfaatan energi nuklir untuk keperluan damai harus terus dikedepankan.

Retno menekankan, keselamatan umat manusia dari bencana nuklir merupakan tanggung jawab seluruh negara.

"Dalam hal ini, Indonesia terus berkomitmen dalam mendukung upaya tersebut," katanya. (Pon)

Baca Juga:

Tiongkok Kerahkan Kapal Selam Nuklir di Dekat Taiwan

#Breaking #Bahaya Nuklir #Badan Tenaga Nuklir Nasional #Senjata Nuklir #Kemenlu
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan