13 Orang Tewas Tertimpa Helikopter Pengangkut Pejabat Meksiko ilustrasi. (Screenshot airfastindonesia.com)

MerahPutih.com - Sebuah helikopter militer membawa para pejabat yang sedang memeriksa kerusakan akibat gempa di sebuah kota kecil Oaxaca, di bagian selatan Meksiko jatuh. Helikopter tersebut menimpa sebuah mobil sehingga mengakibatkan 13 orang, termasuk tiga anak-anak, tewas.

Helikopter yang ditumpangi menteri dalam negeri Meksiko dan gubernur setempat sedang meninjau wilayah yang terkena gempa pada Jumat (16/2) waktu setempat atau Sabtu (18/2) WIB. Helikopter itu jatuh menimpa dua mobil van di area terbuka saat berusaha mendarat pada malam hari di Santiago Jamiltepec

Para pejabat yang berada di atas helikopter tersebut selamat, tapi 12 orang yang berada di lokasi tewas seketika, sementara satu orang lainnya meninggal di rumah sakit. Insiden tersebut juga melukai 15 orang lainnya.

Luis Cabrera, pejabat perlindungan sipil yang berada di lokasi saat kejadian, pada Sabtu (17/2) waktu setempat atau Minggu (18/2) WIB, mengatakan bahwa pihak berwajib sedang menyelidiki penyebab kecelakaan.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,2 SR membuat aliran listrik di kota Santiago Jamiltepec, sekitar 45km dari pusat gempa, padam total dan membuat seluruh kota gelap gulita.

Seorang wartawan yang berada di dalam rombongan helikopter mengatakan bahwa helikopter yang berusaha mendarat, menerbangkan debu tebal sebelum terjatuh.

Di sebuah rumah dekat lokasi kejadian, para anggota keluarga berkumpul dan meratapi mereka yang tewas. Banyak diantara mereka yang menumpahkan kemarahan kepada para pejabat yang ada di atas pesawat tersebut.

"Gubernur seharusnya datang membantu, tapi apa bantuan yang kita terima? Inilah bantuannya," kata Eduardo Juarez, anggota keluarga salah satu korban.

Menteri Pertahanan Meksiko, Jendral Salvador Cienfuegos, langsung mendatangi lokasi kejadian. Ia menyampaikan permintaan maaf dan menyatakan bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Cienfuegos menyalahkan pendaratan pada malam hari dan debu tebal yang mengakibatkan pilot mengalami "disorientasi", tapi kemudian mengakui bahwa ia tidak yakin kalau awak kelikopter telah melakukan kecerobohan Bencana gempa membuat hampir satu juta rumah dan bisnis tanpa listrik di Meksiko City dan merusak setidaknya 50 rumah di Oaxaca.

Negara bagian tersebut dan juga Meksiko City, sebenarnya masih dalam tahap pemulihan usai dihantam gempa pada September 2017 lalu yang menewaskan 471 orang, serta kerusakan parah. (*)


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH