13 Fakta Menarik Setelah Liverpool Bantai AS Roma Pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah. Foto: @LFC

MerahPutih.com - Seluruh suporter yang datang ke Anfield bersuka cita selepas wasit meniup pelut panjang pertandingan berakhirnya pertandingan Liverpool kontra AS Roma.

Pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions berkesudahan dengan skor 5-2 untuk kemenangan The Reds. Skor tersebut membuat pasukan pelatih Jurgen Klopp menginjakkan satu kaki di final. Liverpool hanya butuh hasil imbang atau tidak kalah minimal tiga gol di leg kedua.

Mohamed Salah menjadi bintang dengan mencetak dua gol dan dua assist. Roberto Firmino dan Sadio Mane ikut menyumbangkan masing-masing dua dan satu gol.

Kemenangan ini sekalgus memperpanjang performa ciamik liverpool di Liga Champions.

Sadio Mane dihadang pemain AS Roma. Foto: @LFC

AS Roma yang sudah kebobolan lima gol berupaya bangkit. Hasilnya, I Lupi membawa oleh-oleh dua gol dari kota pelabuhan. Kedua gol tersebut diciptakan lewat Edin Dzeko dan Diego Perotti

Dengan hasil tersebut, Roma kembali dipaksa untuk membuat keajaiban di Olimpico ketika bergantian menjamu Liverpool pada leg kedua pekan depan.

Daniele De Rossi dan kawan-kawan setidaknya harus menang dengan skor 3-0 jika ingin melaju ke laga puncak.

Berikut ini 13 fakta menarik setelah Liverpool mengalahkan AS Roma:

1. Liverpool menjadi tim kedua dalam sejarah Liga Champions yang mampu mendulang lima gol dalam satu pertandingan di babak semifinal. Sebelumnya, hal tersebut pernah dilakukan Ajax ketika menekuk Bayern Munchen 5-2 pada 1995.

2. Kedua pertandingan tersebut menghasilkan gol terbanyak dalam semifinal Liga Champions.

3. Liverpool adalah tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang memiliki tiga pemain yang masing-masing setidaknya mendulang delapan gol dalam satu edisi. (Salah 10, Firmino 10, Mane 8).

Mo Salah. Foto: @LFC

4. AS Roma hanya memenangi satu dari 15 pertandingan tandang terakhir di Liga Champions. Rinciannya, lima seri dan sembilan kalah.

5. Dengan catatan 10 gol, Firmino dan Salah menjadi pemain Liverpool yang paling banyak mencetak gol dalam kompetisi Eropa selama satu musim.

6. Saat ini, Salah telah mengemas 43 gol di semua kompetisi pada musim 2017-2018. Gelandang asal Mesir tersebut berjarak empat gol dari rekor milik Ian Rush yang diciptakan pada musim 1983-1984.

7. Torehan gol tersebut membuat Salah sebagai pemain paling subur dalam lima liga top Eropa.

8. Mohamed Salah mengikuti pencapaian Steven Gerrard yang berhasil mencetak gol dalam lima pertandingan ketika bermain sebagai starting eleven.

9. Hanya Cristano Ronaldo (18) yang lebih banyak berkontribusi dalam hal gol di Liga Champions ketimbang Roberto Firmino (16) dengan 10 gol dan enam assist.

10. Milner telah memecahkan rekor assist di Liga Champions. Saat ini sang pemain sudah membukukan sembilan assist atau lebih banyak satu ketimbang Wayne Rooney (2013- 2014) dan Neymar (2016-2017).

Perayaan gol pemain Liverpool. Foto: @LFC

11. Untuk pertama kalinya, Sadio Mane selalu mencetak gol dalam tiga pertandingan The Reds di kandang.

12. Roberto Firmino bersama Adriano menjadi pemain tercepat yang mampu mencetak 10 gol yakni pada 11 pertandingan.

Roberto Firmino (11)
Adriano (11)
Simone Inzaghi (12)
Wissam Ben Yedder (12)
Seydou Doumbia (13)
Didier Drogba (13)
George Weah (13)

13. Trio Salah, Firmino dan Mane telah mencetak gol dalam delapan pertandingan pada musim 2017-2018. (*/Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH