‘12 Strong’, Kisah Nyata Pasukan Khusus Angkatan Darat AS Film '12 Strong'. (Foto: t2.gstatic.com)

JIKA sudah pernah nonton ‘Navy SEAL’, Anda pasti bakal menemukan aura berbeda dalam film ‘12 Strong’. Bergenre sama, aksi perang, namun ‘12 Strong’ menyuguhkan tentara-tentara macho yang lebih kalem, terbuka dan ramah.

Karakter tentara di film ini memang bertolak belakang dengan ‘Navy SEAL’ yang tentaranya digambarkan sebagai “bad boy”. Berangkat dari kisah nyata, ‘12 Strong’ menceritakan pengalaman pasukan khusus Angkatan Darat Amerika Serikat yang biasa disebut Special Forces atau Green Berets.

Kalemnya karakter pemain dalam film garapan Alcon Entertainment ini sejalan dengan moto satuan elite yang dibentuk pada 1952. Bermodalkan moto “De Oppresso Liber” yang artinya membebaskan mereka yang tertindas, operasi Green Berets lebih menekankan pada upaya memenangi hati warga lokal.

Selanjutnya warga lokal dijadikan armada perang untuk mendukung kepentingan Amerika Serikat. Angka 12 pada judul film ini menunjukkan sebuah tim khusus beranggotakan 12 orang dari Special Forces bernama Operational Detachment Alpha (ODA) 595.

Tim tersebut dikirim ke Afghanistan pada 2001 dan menjadi pasukan pertama yang menginjakkan kaki ke negara tersebut setelah Tragedi Horor 9/11.

Kapten Mitch Nelson (Chris Hemsworth) menjadi tokoh utama. Ia adalah perwira tanpa pengalaman tempur.

Melihat tragedi berdarah di negaranya, Kapten Mitch mengajukan diri terjun ke garis depan. Padahal dia telah mengajukan surat pensiun dan memilih berkarier di belakang meja.

Pilihannya itu terpaksa meninggalkan anak dan istri untuk berangkat ke pangkalan militer AS di A-Stan alias Afghanistan.

Di Afghanistan, Kapten Mitch diintimasi komandan misinya, Kolonel Mulholland (William Fichtner). Movie-goers yang sering nonton film perang pasti familiar dengan wajah William Fichtner. Yup, William memang sering berakting di film perang.

Setibanya di Afghanistan bagian utara, ODA 595 bertemu staf pusat intelijen AS atau CIA yang menghubungkan mereka dengan pemimpin militan lokal, Jenderal Abdul Rashid Dostum yang diperankan Navid Negahban.

Mereka dituntut dapat bekerja sama dengan baik bersama Dostum dan anak buah, lalu bersama-sama menyerang Taliban yang bersembunyi Afghanistan Utara. Film ini menyuguhkan alur pengembangan yang beragam.

Pesan kuat yang disampaikan lewat ‘12 Strong’ adalah kepercayaan, pengorbanan, persaudaraan, dan kepahlawanan. (*)

Baca artikel terbaru lain: Anggunnya Naysilla Mirdad dalam Balutan Busana Putih.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH