12 Platform Kesehatan Bersatu untuk Hadapi Virus Corona 12 platform tersebut tergabung dalam ATENSI (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)

BERSATU untuk menghadapi virus Corona, agaknya ini yang perlu dilakukan saat ini. Oleh karena itu, 12 platform digital kesehatan tergabung dalam ATENSI (Aliansi Telemedika Indonesia) untuk membantu menanggulangi COVID-19.

ATENSI bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Kerja sama dijalin dalam bidang komunikasi, informasi, dan edukasi untuk mewujudkan penyebaran informasi dan mengedukasi masyarakat dalam menghadapi virus Corona. Terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan jarak jauh.

Baca juga:

Ayo Berdonasi untuk Perangi Virus Corona!

ATENSI merupakan organisasi dalam menaungi berbagai individu, institusi, dan perusahaan swasta untuk mengembangkan pelayanan telemedik di Indonesia. Adapun 12 platform kesehatan yang resmi menggandeng ATENSI ialah ProSehat, DokterSehat, Alodokter, Halodoc, SehatQ, Klikdokter, Good Doctor Technology Indonesia, Link MedisSehat, Klinikgo, Perawatku.id, Aveeno, dan Docquity.

12 platform itu akan mengedukasi masyarakat seputar virus Corona (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Kerja sama yang dijalin merupakan salah satu program kebijakan sosial sebagai bentuk kepedulian ATENSI terhadap masyarakat. "Perjanjian kerja sama ini mengukuhkan kebersamaan antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha khususnya yang bergerak di bidang telemedik di Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19," ujar ketua ATENSI Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, Ph.D sebagaimana tertulis di berita pers yang diterima merahputih.com.

Baca juga:

5 Publik Figur Terkenal yang Positif Corona

Cuci tangan jadi salah satu tindakan preventif virus Corona yang menjadi misi ATENSI (Foto: Pexels/Burst)

Langkah ATENSI dalam penanggulangan wabah COVID-19 yaitu dengan memberi edukasi yang selaras dengan strategi Pemerintah Indonesia, khususnya dalam bidang promotif dan preventif. Beberapa di antaranya seperti cara cuci tangan yang benar, etika batuk, hingga penerapan social distancing.

ATENSI juga membantu pemerintah dalam memberikan informasi COVID-19 yang benar, sehingga dapat mencegah informasi kesehatan yang palsu/hoax untuk mengurangi kepanikan masyarakat Indonesia. (ikh)

Baca juga:

Cegah Corona dengan Mengonsumsi 5 Makanan Peningkat Sistem Imun Tubuh

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH