119 Orang Tewas Akibat Gempa 7,1 SR di Meksiko City

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 20 September 2017
119 Orang Tewas Akibat Gempa 7,1 SR di Meksiko City
Dua wanita berpelukan menatap bangunan yang hancur akibat gempa 7,1 SR di Meksiko, Sabtu (9/9). (REUTERS/Jorge Luis Plata)

MerahPutih.com - Gempa dahsyat berkekuatan 7,1 skala richter (SR) yang mengguncang Meksiko tengah pada Selasa (19/9), menewaskan setidaknya 119 orang.

Gempa yang getarannya dirasakan di sejumlah negara bagian itu meruntuhkan bangunan-bangunan di ibu kota negara, Mexico City, yang padat penduduk.

Ribuan orang berlarian keluar ke jalanan dalam keadaan panik sementara jutaan orang kehilangan sambungan listrik ketika gempa muncul sekitar jam makan siang.

Sementara itu, para petugas penyelamat dengan penuh kepanikan terus berupaya mencari orang-orang yang kemungkinan masih hidup di bawah reruntuhan.

Suara-suara sirene bersahut-sahutan ketika para petugas penanganan darurat bergegas di jalanan di Mexico City, salah satu kota terpadat di dunia, dan daerah sekitar yang menjadi rumah bagi sekitar 20 juta orang.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengunjungi lokasi gempa di Juchitan, Meksiko. Enrique mengatakan 27 gedung roboh atau sebagian runtuh.

Negara bagian Morelos, yang terletak di selatan Mexico City menjadi wilayah yang paling parah terdampak gempa tersebut. Sedikitnya 54 orang tewas di sana.

Gempa itu merupakan gempa terkuat kedua yang mengguncang Meksiko dalam bulan ini. Pada 7 September gempa melanda Meksiko selatan, menewaskan setidaknya 98 orang. (*)

Sumber: REUTERS

#Gempa Bumi #Meksiko
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan