11 Nominasi Piala Oscar untuk 'Joker' Film Joker raih 11 nominasi di Piala Oscar 2020. (foto: screen rant)

AJANG penghargaan film terbesar dunia, The Academy Awards atau Piala Oscar, akan kembali digelar tahun ini. Sejumlah film berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Salah satunya ialah Joker. Film besutan Todd Phillips itu bahkan menyabet nominasi terbanyak di Piala Oscar tahun ini.

Tampaknya, Joker menjadi film paling populer di tahun ini. Film thriller psikologis itu meraih 11 nominasi dari total 25 nominasi. Secara tidak langsung, Joker juga menjadi film buku komik paling banyak dinominiasikan sepanjang masa.

BACA JUGA: Sinematografer 'Joker' Ungkap Kelakuan Joaquin Phoenix saat Syuting

Dilansir laman Screen Rant, Joker masuk nominasi Best Picture yang bersaing dengan beberapa film lainnya, yakni 1917, Ford v Ferrari, Jojo Rabbit, Little Women, The Irishman, Marriage Story, Once Upon a Time in Hollywood, dan Parasite. Ini merupakan tahun kedua secara berturut-turut film yang diadaptasi dari buku komik masuk ke nominasi Best Picture.

oscar 2020
Masuk nominasi best picture Oscar 2020. (foto: deadline)

Selain masuk Best Picture, Joker juga memimpin Oscar kali ini dengan masuk ke nominasi Best Actor untuk Joaquin Phoenix, Best Director untuk Todd Phillips, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Makeup & Hairstyling, Best Original Score, Best Film Editing, Best Sound Mixing, dan Best Sound Editing.

Pencapaian ini sekaligus membuat film yang disutradarai Todd Phillips ini menjadi film yang menduduki urutan pertama dengan nominasi terbanyak. Selain Joker yang masuk 11 nominasi, beberapa film seperti The Irishman, 1917, dan Once Upon a Time in Hollywood juga jadi pesaing kuat. Mereka masuk 10 nominasi. Marriage Story, Parasite, Little Women, dan Jojo Rabbit masing-masing memperoleh empat nominasi. Sementara itu, Ford v Ferrari, meraih empat nominasi.

oscar 2020
Joaquin Phoenix sebelumnya menang Golden Globe. (foto: Vanity Fair)



Sebelumnya, Joker meraih dua penghargaan di Golden Globes, minggu lalu. Penghargaan itu di kategori Best Original Score dan Best Actor – Drama. Tampaknya ini menjadi peluang kembali bagi Joker untuk menang di Oscar nanti. Ditambah dengan Phoenix yang berpeluang menjadi Best Actor di Oscar.

Piala Oscar tahun ini akan digelar pada 9 Februari mendatang di Dolby Theatre, The Hollywod & Highland Center, Amerika Serikat. Acara itu nantinya akan berlangsung tanpa pembawa acara dan disiarkan langsung lebih dari 225 negara di seluruh dunia. (And)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH