100 Wayang Purwo, Koleksi Unggulan Museum Wayang Kakayon Koleksi wayang di Museum Wayang Kakayon, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Budaya - Museum Wayang Kakayon memiliki ribuan koleksi wayang. Jenisnya pun beragam, mencapai puluhan jenis wayang yang berasal dari nusantara. Namun, koleksi unggulan di museum ini hanya satu, yakni wayang purwo.

"Yang diunggulkan itu di sini wayang purwo. Ada 100 wayang purwo," kata Tyas, Kepala Harian Museum Wayang Kakayon kepada merahputih.com, di Museum Wayang Kakayon, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Selasa (12/4).

Koleksi wayang purwo tersebut didatangkan dari berbagai cara. Di antaranya, membeli langsung dari perajin, hibah, hingga membeli dengan jarak jauh. "Yang jauh dikirim ke sini langsung, ya untuk koleksi di sini," paparnya.


(Beberapa koleksi wayang di Museum Wayang Kakayon. Foto MerahPutih/Fredy Wansyah)

Wayang purwa merupakan salah satu jenis wayang kulit. Wayang purwa merupakan jenis wayang tertua di antara lainnya. Bahannya menggunakan kulit lembu.

Berdasarkan ukurannya, wayang purwa terdiri atas 4 kelompok. Keempatnya ialah wayang kidang kencana, wayang ageng, wayang kaper, dan wayang kateb. (Fre)


BACA JUGA:

  1. Dari Seorang Dokter Kesehatan Jiwa Terwujud Museum Wayang
  2. Museum Wayang Kakayon dan Koleksi
  3. Miris, Museum Wayang Sepi Pengunjung
  4. Kenali Tokoh Pewayangan Nusantara di Museum Wayang Kakayon
  5. Wayang Kertas, Dolanan Asli Anak-Anak Yogyakarta


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH