100 Hektare Hutan Gunung Lawu Wilayah Karanganyar Terbakar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 07 Oktober 2023
100 Hektare Hutan Gunung Lawu Wilayah Karanganyar Terbakar
Kebakaran hutan di Gunung Lawu, Jumat (6/10) (MP/BPBD Karanganyar)

MerahPutih.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Lawu, wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah yang terjadi hampir sepekan belum bisa dipadamkan.

Total 100 hektare hutan di Gunung Lawu wilayah Kabupaten Karanganyar, Jateng terbakar. Pemadaman menggunakan water bombing di wilayah Jawa Tengah baru bisa dilakukan hari Jumat (6/10).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Juli Padmi Handayani mengatakan, kebakaran Gunung Lawu wilayah Karanganyar terjadi di kawasan Hargo Tiling. Laporan terbaru kebakaran tersebut membakar kurang lebih 100 hektare hutan.

Baca Juga:

Kebakaran Gunung Lawu Meluas, Pemadaman Gunakan Water Bombing

"Lokasi kebakaran ada di Hargo Tiling dan sekitarnya. Perkembangan hari ini ada 10 titik api terdeteksi," kata Juli, Jumat (6/10).

Dia mengatakan, pemadaman dilaksanakan dari personel gabungan yang terlibat yakni BPBD Kabupaten Karanganyar, TNI, Polri, Perhutani, Dinas Pemadam Kebakaran, relawan penanggulangan bencana (PB), dan masyarakat. Total ada 44 instansi atau organisasi dengan jumlah 324 personel yang terlibat dalam pemadaman.

Baca Juga:

4,5 Hektare Hutan di Selatan Gunung Lawu Kembali Terbakar

"Pemadaman helikopter, water bombing, baru bisa dilakukan hari ini untuk wilayah Jateng. Khususnya di wilayah sulit dijangkau manusia," kata dia.

Ia mengatakan untuk pemadaman di lokasi zona aman dilakukan secara manual dengan mendaki gunung. BPBD berharap api segera padam. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Pendakian Gunung Lawu Ditutup Total

#Kawasan Wisata Gunung Lawu #Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla)
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan