100 Hari Kerja Kapolri, Listyo Sigit Diminta Ditingkatkan Peran Bhabinkamtibmas

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 09 Mei 2021
100 Hari Kerja Kapolri, Listyo Sigit Diminta Ditingkatkan Peran Bhabinkamtibmas
Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo telah menjalankan tugas selama 100 hari. Sejumlah catatan diberikan Strategi Institute kepada Sigit dalam mengemban tugas sebagai pucuk Polri.

Direktur Eksekutif Strategi Institute, Anthony Danar mengutarakan catatan yang perlu diperhatikan oleh Kapolri adalah terkait pemaksimalan Bhabinkamtibmas serta peran dari masyarakat lokal untuk permasalahan keamanan dan ketertiban di sejumlah wilayah.

Baca Juga:

Kapolri Diminta Usut Penipuan Bermodus Penangguhan Penahanan

"Program Polisi RW yang 2013 lalu pernah dikembangkan di Polsek Tanah Abang dan selanjutnya di Polrest Jakarta Pusat, juga yang sekarang tengah dijalankan seperti kampung tangguh, perlu dikembangkan lagi serta dimanfaatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” terang Anthony dalam keterangannya, Minggu (9/4).

Program-program itu bisa dimanfaatkan dan dikembangkan lagi, baik dalam pencegahan penyebaran COVID-19 juga untuk tujuan lain yang terkait dengan tujuan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)
Kapolri Listyo Sigit Prabowo. (Foto: MP/ Kanugrahan)

Mantan Aktivis 1998 itu juga memberikan apresiasi kepada Kapolri yang tidak terlalu terburu-buru dalam mengeluarkan perintah pasca ditetapkannya kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menganggu keamanan di Papua. Kapolri dinilai paham betul psikologis masyarakat Papua.

"Oleh karena itu Kapolri tidak terburu-buru untuk mengeluarkan instruksi melakukan oprasi anti-teroris ke Papua, apa yang dilakukan dengan menambah kuota penerimaan anggota Polri dan SIP dari putera puteri asli Papua," paparnya.

Menurut Anthony, langkah tersebut sudah tepat dan baik, membuka peran bagi anak-anak Papua untuk terlibat dalam menjaga kemanan dan ketertib sebagai anggota Polri.

Baca Juga:

Kapolri Keluarkan Panduan Pengawasan Tempat Wisata yang Buka Selama Libur Lebaran

Anthony juga menyambut baik, mengenai penataan organisasi di internal Polri yang berdampak pada rencana pembentukan 84 Polsek baru, juga apresiasi terhadap viritual police (VP) yang dianggap membantu membangun kesadaran literasi digital.

"Nah VP atau polisi viritual ini terbosan dan inovasi cerdas, bisa dilihat sebagai salah satu upaya untuk membangun kesadaran atau melek literasi digital, kami berharap ini bisa menekan penyebaran hoaks ataupun ujaran kebencian di dunia maya atau medsos," pungkas Anthony. (Asp)

#Kapolri #Kapolri Listyo #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan