100 Desa Jadi Target Pemutaran Film Keliling

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 24 November 2016
100 Desa Jadi Target Pemutaran Film Keliling
Ilustrasi pemutaran film keliling (Foto: kemdikbud.go.id)

MerahPutih Budaya - Malam Jumat bagi Sanggar Matta Teater Madrasah Aliyah (MA) Matholiul Huda adalah waktu yang penting. Karena di saat itulah mereka melakukan aktivitas yang membanggakan bagi warga Kabupaten Pati.

Aktivitas itu berupa pemutaran film yang dikelilingkan se Pati. Sampai saat ini sudah memutar film sebanyak 97 kali di 97 desa.
Jumlah ini masih kurang tiga kali untuk memenuhi target pemutaran film 100 kali di 100 desa.

Progam pemutaran film dimulai pada Mei 2013 hingga 2016. Program ini dinamai Layar Tancep Keliling Kampoeng. Awalnya mereka pesimis program ini bisa dijalankan. Faktanya, setelah dijalani semua terasa ringan dan menyenangkan.

Adapun film yang ditayangkan hasil karya dari sanggar Matta Teater berdurasi 15 menit sampai 30 menit. Di sela-sela pemutaran film terdapat acara sesi tanya jawab untuk para penonton khususnya anak-anak.

Pertanyaan yang diajukan meliputi pengetahuan umum dan pengetahuan agama. Bagi yang menjawab dengan benar, maka anggota sanggar matta teater memberikan hadiah kecil berupa jajanan.

Disadari program ini terkait dengan masyarakat luas. Segala sesuatunya dilakukan dengan detil. Seperti mengajukan surat perizinan pada RT/RW desa setempat satu hari sebelum pelaksanaan.

Menyiapkan segala alat yang diperlukan seperti sound system, LCD, laptop, kamera. Pelaksanaan program yang dilakukan secara rutin ini, ya di Malam Jum’at mulai pukul 18.30 s/d 21.00 WIB.

Selain pemutaran film, Sanggar Matta Teater juga memiliki program Seni Kreasi Film Siswa (SKFS) dan Seni Kreasi Film Kampoeng (SKFK). (diy)

#Film #Kabupaten Pati
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan