10 Pemain Terbaik Prancis, Salah Satunya Jadi Asisten Pelatih Belgia Zinedine Zidane. (Sumber: discoverwalks.com)

TAK bisa dipungkiri, Prancis merupakan salah satu negara penghasil pemain terbaik kelas dunia. Hal itu terbukti ketika Les Blues berhasil mengangkat trofi juara Piala Dunia 1998 silam.

Tak heran banyak tim berjuluk Ayam Jantan tersebut banyak diminati klub-klub besar Eropa. Mereka bahkan menjadi pemain kunci di klub masing-masing.

Seperti dilansir dari discoverwalks.com, berikut 10 nama pemain Prancis terbaik sepanjang sejarah.

1. Paul Pogba

Paul Pogba. (Sumber: discoverwalks.com)

Gelandang bertahan ini masuk dalam daftar pemain terbaik Prancis. Paul Pobga adalah pemain bintang yang mulai bermain untuk timnas Prancis pada 2013, bermain di Piala Dunia 2014 dan 2018. Pada momen Piala Dunia lalu, ia pun didapuk sebagai pemain muda terbaik.

Karier Pogba mulai bersinar ketika bermain untuk Juventus. Lelaki kelahiran tahun 1993 itu lahir di pinggiran Kota Paris. Sekarang, Pogba merumput bersama Manchester United.

2. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann. (Sumber: discoverwalks.com)

Pemain kedua terbaik yang dimiliki timnas Prancis adalah Antoine Griezmann. Meski lebih tua dari Pogba, namun kelihaiannya mengolah si kulit bundar tak boleh diremehkan. Bahkan Griezmann juga membawa Les Blues melangkah ke putaran final Piala Eropa setelah mengalahkan Jerman.

Saat ini, lelaki kelahiran 1991 itu bermain untuk Atletico Madrid. Ia merupakan salah satu striker yang paling ditakuti kiper. Pada musim ini, Griezmann juga digadang bakal bergabung bersama Barcelona.

3. Raphael Varane

Raphael Varane. (Sumber: discoverwalks.com

Pemain ketiga dari 10 pemain terbaik Prancis adalah bek tengah Raphael Varane. Dia adalah perwakilan sempurna dari kebangkitan pemain muda yang brilian di tim nasional Prancis: dia memulai pertandingan pertamanya pada tahun 2013, ketika dia masih berusia 19 tahun.

Meski masih muda, Varane mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai bek andalan. Pemain luar biasa ini lahir di Lille pada tahun 1993, dan menjadi pemain liga utama yang sangat awal, dinyatakan sebagai salah satu dari 10 pemain paling menjanjikan oleh Guardian pada tahun 2014.

Saat ini, Varane bermain untuk salah satu klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

4. Hugo Lloris

Hugo Lloris. (Sumber: discoverwalks.com)

Pemain ketiga dari 10 pemain terbaik Prancis adalah yang paling bijaksana: kiper dan kapten Prancis sejak 2009, Hugo Lloris. Kiper luar biasa ini sangat berhati-hati di luar lapangan, tidak pernah menimbulkan masalah dengan media.

Lloris juga mampu meredam emosional para pemain di lapangan. Dia bermain untuk pertama kalinya dengan tim nasional pada tahun 2008 dan telah menjadi penjaga gawang utama sejak Piala Dunia 2010.

Lloris lahir pada tahun 1986 di Nice, di Prancis Selatan di pantai Mediterania. Setelah bermain untuk Nice dan untuk Olympique Lyonnais, ia bergabung dengan Tottenham Hotspurs pada tahun 2012 dan membantu Lilywhites untuk tetap eksis di Liga Premier Inggris.

5. Karim Benzema

Karim Benzema. (Sumber: discoverwalks.com)

Meski tidak dipanggil ke dalam timnas pada Piala Dunia 2018 ini, Karim Benzema layak mendapat tempat di 10 besar pemain terbaik Prancis.

Namun ia telah mendedikasikan karier sepak bolanya untuk Prancis. Benzema menjadi penyerang tengah yang luar biasa dan berbahaya, Ia juga berhasil membawa Les Blues maju sampai perempatfinal Piala Dunia 2014.

Saat ini, Benzema bermain untuk Real Madrid. Ia juga telah memenangkan empat Liga Champions dan dua Kejuaraan Spanyol.

6. Blaise Matuidi

Blaise Matuidi. (Sumber: discoverwalks.com)

Pemain keenam dari 10 pemain terbaik Prancis ialah Blaise Matuidi. Gelandang yang sangat atletis ini bermain untuk Juventus, tim terbaik di Italia. Pemain ini lahir pada tahun 1987 di Toulouse, di Selatan Barat Perancis, dan telah bermain untuk PSG dari 2011 hingga 2017.

Sebelum itu, ia bermain untuk AS Saint-Etienne dan untuk ESC Troyes, dua tim yang lebih rendah di Kejuaraan Prancis. Matuidi memimpin PSG untuk memenangkan Kejuaraan empat kali dan telah menjadi pemain kunci bagi tim nasional Prancis sejak pertandingan pertamanya pada tahun 2010.

7. N’Golo Kante

N'Golo Kante. Sumber: discoverwalks.com)

Pemain ketujuh dari 10 pemain andalan Prancis ialaho N'Golo Kante. Ia merupakan seorang gelandang yang cukup berbahaya. Kante lahir di pinggiran kota Paris dari orang tua Mali.

Kante bermain untuk pertama kalinya dengan tim nasional Perancis pada tahun 2016, saat berusia 24 tahun. Pada tahun itu pula, Kante bergaung dengan Leicester City, Inggris.

Setelah berhasil membawa Leicester juara, kemudian Kanter dibeli Chelsea. Karier Kante pun semakin cemerlang bersama The Blues.

8. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe. (Sumber: discoverwalks.com)

Sosok berikut yang termasuk ke dalam daftar pemain terbaik timnas Prancis ialah Kylian Mbappe. Lelaki kelahiran tahun 1998 itu merupakan lulusan dari Akademi Clairefontaine.

Pada 2015 sampai saat ini, Mbappe sudah bermain untuk AS Monaco. Pada akhir musim 2016/2018, ia sempat ditawar dengan harga tinggi oleh Real Madrid. Namun, pihak manajemen AS Monaco menolaknya.

9. Thierry Henry

Thierry Henry. (Sumber: discoverwalks.com)

Thierry Henry lahir di pinggiran kota Paris pada tahun 1977 dan mulai bermain sepak bola secara profesional pada usia 17 tahun dengan AS Monaco. Setelah tiga tahun, Henry memenangkan Liga Prancis.

Kemudian ia memutuskan untuk hengkang ke Arsenal. Tak berhenti di London, Henry pun melanjutkan kariernya ke tubuh Juventus. Nama Henry pun semakin ditakuti publik Italia setelah berhasil menjadi mesin gol untuk La Vecchia Signora.

Saat ini, Henry merupakan asisten pelatih Belgia, Roberto Martinez. Celakanya, pada lanjutan babak semifinal dini hari nanti, ia harus berhadapan dengan negera tercintanya, Prancis.

10. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane. (Sumber: discoverwalks.com)

Sosok terakhir dalam daftar pemain terbaik timnas Prancis ialah Zinedine Zidane. Selama mengabdi kepada Les Blues, Zizou, panggilan akrab Zidane menjadi kapten selama dua tahun.

Ia juga membawa Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Saat ini, Zizou merupakan pelatih salah satu klub raksasa Spanyol, Real Madrid.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH