10 Menu Sarapan Khas Indonesia Nasi kuning (Foto: kulinersehat)

INDONESIA yang kaya akan berbagai budaya juga kaya akan ragam kulinernya. Menu makanan khas terdapat hampir di tiap daerah di Indonesia. Kesemuanya nikmat dan istimewa.

Berikut lima menu sarapan tradisional yang populer di Indonesia.

1. Nasi Kuning

Nasi kuning ini terbuat dari beras yang dimasak bersama kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dalam tradisi Indonesia, warna nasi kuning menggambarkan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh karena itu, nasi kuning sering disajikan pada acara syukuran dan momen gembira seperti kelahiran, pernikahan, dan pertunangan.

Nasi pecel

2. Nasi Pecel

Pecel merupakan makanan khas Kota Madiun, Jawa Timur, yang terbuat dari rebusan bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun), dan lainnya. Makanan ini dihidangkan dengan disiram sambal pecel.

Lontong sayur

3. Lontong Sayur

Ada berbagai macam makanan berisikan lontong di Indonesia, misal lontong sayur Medan, sampai yang lontong Cap Gomeh. Menu ini terdiri dari lontong dan sayuran yang terbuat dari santan dan kacang panjang. Lauknya tergantung selera Anda. Biasanya pilihan lauknya ialah ayam ataupun tahu dan tempe.

Nasi uduk

4. Nasi Uduk

Nasi uduk terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan kelapa serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Makanan ini dihidangkan bersama emping, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun, dan sambal kacang. Ada juga jenis nasi uduk yang disantap bersama semur tempe, tahu, dan jengkol. Tentunya dengan tambahan sambal.

Bubur ayam

5. Bubur Ayam

Bubur ayam memang favorit banyak orang. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Semua suka bubur ayam. Tidak mengherankan jika bubur ayam menjadi menu sarapan yang amat umum di Indonesia. (*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH