10 Mantan Pemain Liga Indonesia yang Pernah Cicipi Piala Dunia Michael Essien. Foto: zimbio

MerahPutih.com - Sepakbola Indonesia sedang menuju ke arah industri. Hal ini terlihat dari banyak pemain asing yang berlabel dunia yang direkrut klub-klub tanah air.

Ada yang meraih kesuksesan bersama klub-klub Indonesia. Adapun yang hanya singgah sebagai pelabuhan terakhirnya menjalani karier profesional.

Siapa saja pesepak bola top dunia eks Piala Dunia yang pernah menjalani karier di Indonesia? Berikut ulasannya yang telah disusun Bolaskor.com:

1. Roger Milla

Roger Milla (9) saat perkuat Pelita Jaya

Siapa yang tak mengenal nama Roger Milla? Ia pernah tercatat sebagai pemain tertua di Piala Dunia 1994 dengan umur 40 tahun.

Di tengah penghujung kariernya, ia mencoba peruntungan di Indonesia. Setelah menjalani Piala Dunia 1990 dan 1994 bersama timnas Kamerun, ia bergabung dengan Pelita Jaya.

Bersama Pelita Jaya di Liga Indonesia musim 1994-1995, ia berhasil menciptakan 23 gol dari 23 pertandingan. Selanjutnya, Milla hijrah ke Putra Samarinda musim berikutnya. Ia berhasil menciptakan 18 gol dari 12 pertandingan.

2. Mario Kempes

Mario Kempes

Mario Kempes merupakan bintang timnas Argentina saat menjuarai Piala Dunia 1978. Ia pernah membela Pelita Jaya di tahun 1999. Umurnya sudah tidak muda lagi.

Namun, Mario Kempes masih sangat produktif. Ia menciptakan 10 gol di 15 pertandingan bersama Pelita Jaya.

3. Jules Onana

Jules Onana. Foto: Zimbio

Jules Onana merupakan mantan pemain timnas Kamerun di Piala Dunia 1990. Kompatriot Roger Milla itu membela tim Indonesia sejak tahun 1996.

Ia kerap berganti-ganti tim mulai dari Persma Manado, Persijap Jepara, dan terakhir Pelita Jaya pada Liga Indonesia musim 2003. Selanjutnya, pemain yang berposisi sebagai stoper tersebut lebih memilih menjadi agen pemain berlisensi FIFA, dan pelatih sekolah sepak bola di Kamerun.

4. Emmanuel Maboang Kessack

Emmanuel Maboang Kessack

Emmanuel Maboang Kessack merupakan alumni timnas Kamerun di Piala Dunia 1990. Ia melanjutkan karier di Liga Indonesia 1997/1998 dengan membela Pelita Jaya.

Kiprah Emmanuel Maboang Kessack di Liga Indonesia hanya sebentar, mengingat adanya kerusuhan dan situasi politik dalam negeri yang tidak stabil menyebabkan Liga Indonesia dihentikan.

5. Natsja Ceh

Natsja Ceh. Foto: Zimbio

Natsja Ceh merupakan mantan pemain timnas Slovenia di Piala Dunia 2002. Ia mencoba peruntungan di Indonesia dengan membela PSMS Medan di Liga Indonesia musim 2002/2003.

Sayang, ia tidak bisa mengangkat performa PSMS Medan. PSMS terdegradasi dari Liga Indonesia.

6. Ivan Bosnjak

Ivan Bosnjak

Ivan Bosjnak di penghujung kariernya memilih untuk membela Persija Jakarta pada ISL 2014. Ia didatangkan untuk menggantikan peran Bambang Pamungkas yang pindah ke Pelita Bandung Raya.

Mantan pemain timnas Kroasia di Piala Dunia 2006 ini kurang mentereng di Persija. Ia hanya mencetak empat gol dari 12 pertandingan.

7. Pierre Njanka

Pierre Njanka

Pierre Njanka bisa dibilang menjadi alumni Piala Dunia yang sukses di Indonesia. Mantan pemain timnas Kamerun di Piala Dunia 1998 dan 2002 itu membawa Arema Malang juara ISL 2008/2009.

Itu merupakan gelar sangat penting untuk Arema Malang, karena untuk pertama kalinya meraih gelar juara kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia sejak era Liga Indonesia hingga ISL.

Setelah sukses bersama Arema, Pierre Njanka pindah membela Aceh United di IPL 2010. Ia membela Aceh United hanya sebentar, karena kompetisi dihentikan di tengah musim. Kemudian, ia membela Mitra Kukar di ISL 2011/2012. Kini, kabar Pierre Njanka tidak tahu lagi aktifitasnya.

8. Didier Zokora

Didier Zokora. Foto: Zimbio

Didier Zokora menjadi salah satu pemain top yang direkrut klub Liga 1 karena adanya regulasi marquee player. Mantan pemain timnas Pantai Gading di Piala Dunia 2006 tersebut menjadi marquee player Semen Padang di Liga 1 2017.

Sayang, performanya kurang apik bersama tim Kabau Sirah. Eks penggawa Tottenham Hotspur itu pun dilepas manajemen di putaran kedua Liga 1 2017.

9. Peter Odemwingie

Peter Odemwingie

Peter Odemwingie merupakan mantan pemain timnas Nigeria di Piala Dunia 2002 dan 2006. Ia bergabung dengan Madura United sebagai marquee player di Liga 1 2017.

Tercatat, pemain yang kini berumur 36 tahun tersebut sangat subur. Ia mencetak 15 gol dari 23 pertandingan di Liga 1 2017. Namun, Odemwingie berpisah dengan Madura United karena terlibat konflik administrasi dengan manajemen.

Saat ini, kabarnya konflik tersebut telah usai. Mantan pemain Stoke City tersebut siap kembali membela Madura United di putaran kedua Liga 1 2018.

10. Michael Essien

Michael Essien

Tentu saja nama terakhir pemain sepak bola alumni Piala Dunia yang pernah berkiprah di Indonesia, adalah Michael Essien. Mantan pemain timnas Ghana di Piala Dunia 2002, 2006, dan 2010 itu membela Persib Bandung.

Di Persib, ia menjadi pemain penting di lini tengah klub berjuluk Maung Bandung tersebut. Sayang, Essien terdepak dari skuat Persib di Liga 1 2018, lantaran tak masuk skema pelatih Mario Gomez. Ia pun resmi berpisah dengan Persib.

Kabarnya, mantan pemain Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan itu belum mau pensiun. Klub-klub Singapura atau Thailand berebut untuk mendapatkan jasanya. (*/Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH