Kuliner
10 Hidangan Nasi Paling Populer se-Asia, Masakan Indonesia Mendominasi Olahan nasi di Asia Tenggara yang disukai penikmat kuliner. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

ALASAN 'belum kenyang kalau belum makan nasi' membuat orang Indonesia merasa wajb makan nasi. Meskipun terkenal sebagai makanan utama mayoritas orang Indonesia, nyatanya tidak hanya di tanah air saja yang punyaolahan berbahan dasar nasi.

Hampir semua negara di Asia memiliki hidangan nasi khasnya sendiri. Di antara semua hidangan nasi, Asia Tenggara memiliki hidangan nasi khasnya sendiri. Rempah-rempah merupakan suatu bagian dari tanaman yang memiliki aroma yang kuat dan khas. Indonesia sendiri memiliki banyak rempah-rempah endemik, maka tidak heran di antara 10 hidangan nasi terpopuler se-Asia, Masakan Indonesia paling banyak masuk di dalamnya. Dilansir dari seasia.co, berikut 10 hidangan nasi paling populer di Asia Tenggara.

Baca Juga:

Salah Satu Terenak di Asia, Sayur Asem Segar khas Betawi

1. Hainan chicken rice (Singapura)

makanan
Hainan chicken rice yang dibawa dari pulau Hainan. (Foto: instagram@rarerollingobject)

Nasi plus ayam yang kondang di kawasan Asia ini memang paling enak dimakan saat lapar berat. Teksturdaging ayamnya empuk lembut dan nasinya juga wangi pulen, lalu dicocol pakai minyak wijen dan kecap asin tentu membuat rasanya makin mantap dan enak. Sajian ini berasal dari Hainan, sebuah pulau yang terletak di bagian selatan Tiongkok. Para migran telah membawa resep tersebut ke Singapura pada abad ke-19. Pada akhirnya sajian ini banyak diminati dan jadi terkenal di negara singa putih tersebut.

2. Nasi goreng (Indonesia)

makanan
Penggunaan kecap manis menjadikan nasi goreng Indonesia sangat khas. (Foto: Unsplash/Emanuel)

Awalnya, nasi goreng adalah hidangan sarapan yang terbuat dari nasi sisa sehari sebelumnya. Menurut tradisi Tionghoa, tindakan menyia-nyiakan makanan adalah dosa. Jadi nasi goreng diciptakan dari budaya yang praktis. Nasi goreng adalah hasil asimilasi antara budaya Tionghoa dan budaya Indonesia.

Nasi digoreng dengan sedikit minyak dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai merupakan bumbu khas nasi goreng pada umumnya. Yang membedakan adalah penggunaan kecap manis yang melimpah dan saus sambal membuat sajian ini menjadi ciri khas orang Indonesia. Dengan menambahkan telur, suiran ayam, atau bakso biasanya restoran menyebutnya dengan nasi goreng spesial.

3. Nasi lemak (Malaysia)

makanan
Nasi lemak khas Malaysia mirip dengan nasi uduk atau liwet Indonesia. (Foto: instagram@kirthanaa)

Nasi lemak menjadi salah satu hidangan populer di kawasan Asia Tenggara. Menu kuliner yang sudah terkenal di Asia Tenggara ini memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera makan lewat berbagai lauk pendampingnya. Jika dilihat sepintas, tampilannya sangat mirip dengan nasi uduk atau nasi liwet orang Indonesia yah. Awalnya nasi lemak merupakan menu sarapan di Malaysia, namun kini sudah dijadikan menu nasional yangbisa disajikan kapan saja. Saat ini, nasi lemak juga sudah banyak dijual oleh pedagang kaki lima di Malaysia.

Baca juga:

Rawon Resmi Jadi Sup Terenak Se-Asia

4. Nasi kuning (Indonesia)

makanan
Tumpeng yang menggunakan nasi kuning. (Foto: instagram@theveganchinee)

Nasi kuning adalah hidangan berbahan dasar nasi Indonesia lainnya yang dimasak dengan santan. Yang membedakannya dengan nasi uduk adalah bumbu yang digunakan. Nasi kuning dibumbui dengan kunyit yang memberi warna kuning pada nasi. Masakan nasi Indonesia jarang disajikan sendirian. Untuk nasi kuning dilengkapi dengan ayam goreng, kentang goreng, irisan telur dadar, serundeng, dan sambal.

5. Nasi uduk (Indonesia)

makanan
Nasi uduk yang dapat disajikan dengan berbagai makanan pendamping. (Foto: Unsplash/Raphiell)

Nasi uduk adalah hidangan berbahan dasar nasi dimana nasinya dimasak dengan santan dan berbagai bumbu seperti serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Campuran bumbu menambah rasa yang unik dan harum khas pada nasi. Nasinya ditaburi bawang goreng. Nasi uduk disajikan bersama dengan berbagai jenis makanan pendamping seperti mie, telur, tempe, tahu, atau bisa ditambah ayam goreng. Sebagai sentuhan akhir, bisa ditambahkan sambal balado dan sambal kacang supaya ada rasa pedasnya. Meski diyakini bahwa nasi uduk ini berasal dari Jakarta, namun bisa dengan mudah ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Berkreasi Sambil Donasi Bareng Seniman Mural Darbotz
Fun
Berkreasi Sambil Donasi Bareng Seniman Mural Darbotz

#DiRumahAja tetap bisa bisa berkreasi seni.

YouTube Tidak Mendukung PS5 dan Xbox Baru
Fun
YouTube Tidak Mendukung PS5 dan Xbox Baru

Tidak bisa menonton video HDR di Youtube melalui PS5 dan seri Xbox baru.

3 Serial TV Terbaik di 2021 untuk Menemanimu Selama WFH
ShowBiz
3 Serial TV Terbaik di 2021 untuk Menemanimu Selama WFH

Banyak kejutan untuk pencinta superhero

Demi Konservasi, Para Gajah Dihitung dari Luar Angkasa
Fun
Demi Konservasi, Para Gajah Dihitung dari Luar Angkasa

Para ilmuwan menggunakan gambar itu untuk menghitung gajah Afrika dari luar angkasa.

3 Cara Menjawab Pertanyaan “Kok Lo Unfollow Gue Sih?”
Fun
3 Cara Menjawab Pertanyaan “Kok Lo Unfollow Gue Sih?”

Teruntuk kamu yang suka membersihkan feeds

Air di Danau Ini Berubah Jadi Warna Merah Muda Dalam Semalam
Fun
Air di Danau Ini Berubah Jadi Warna Merah Muda Dalam Semalam

Danau yang terletak sekitar 500 km dari Mumbai, India itu, telah lama memesona para ilmuwan dengan perubahan warna musiman.

Wajib Ditunggu, 5 Gim dari Event PlayStation State of Play Februari 2021
Fun
Kurang Baik, 5 Sikap ini Harus Dihindari
Fun
Kurang Baik, 5 Sikap ini Harus Dihindari

Bisa merugikan orang lain.

Argentina Menciptakan 'Human Foosball', Bermain Sepak Bola Bebas Virus
Fun
Argentina Menciptakan 'Human Foosball', Bermain Sepak Bola Bebas Virus

Jenis sepak bola ini menciptakan jarak secara sosial.