10 Fitur Keren di PS4, sudah Tahu Belum? PS4 punya berbagai fitur menarik yang mungkin belum pernah kamu coba. (foto: pexels/jeshootcom)

RUMOR perilisan PlayStation 5 sudah santer terdengar. Pencinta gim pastilah tak sabar melihat berbagai fitur yang akan diberikan Sony melalui konsol terbaru tersebut. Namun, sebelum menjajal PS5, ada baiknya kamu ulik dulu PS4 milikmu.

Tanpa kamu sadari, ada banyak fitur dari konsol PS4 yang tak banyak orang tahu. Padahal, fitur-fitur tersebut sangat membantu pengguna PS4. Apa saja sih fitur-fitur itu?

BACA JUGA: Tanggal Rilis Konsol PS5 dan 2 Gim Terbaru Bocor


1. Masuk menggunakan wajahmu

PS4
Log-in dengan facial recognition. (foto: Youtube/Tmar_tn)

Kamu takut akunmu dipakai saat kamu meninggalkan konsolmu? Mau pakai pengamanan, tapi malas mengetik sandi tiap kali menyalakan PS4? Tak perlu khawatir, karena ternyata PS4 memiliki fitur facial recognition. Kamu tinggal menyalakan fitur tersebut di pengaturan dan akunmu dijamin aman.

2. Merespons perintah suara

PS4
Ada fitur voice command juga. (foto: Youtube/spllitz)


Kebanyakan perangkat zaman sekarang dapat diperintah menggunakan suara. Tentunya PS4 tak mau kalah. Cukup centang opsi 'operasikan PS4 dengan suara' di pengaturan, setelah itu ucapkan 'PlayStation' dan perintah yang kamu inginkan. Kamu juga bisa mengucapkan nama gim yang ingin kamu mainkan dan PS4 akan memulai gim tersebut.


3. Bermain sambil mendengarkan lagu

PS4
Tinggal hubungkan ke akun Spotify. (foto: Wired)

Ingin bermain sambil mendengarkan musik? Atau kamu seorang streamer dan butuh musik untuk menghibur penontonmu? Ternyata kamu bisa memainkan musik dari PS4 milikmu menggunakan Spotify. Cukup hubungkan akun Spotify milikmu dan daftar putar pilihan, musik pun siap untuk dimainkan di konsolmu.


4. Menonton acara-acara menarik

PS4
Bisa nonton acara kesukaanmu. (foto: Tech radar)

Kamu sudah lelah bermain, tapi belum rela meninggalkan sofa dan konsolmu? Tenang saja. Kamu bisa beristirahat sambil menonton acara kesukaanmu. PS4 dapat menyetel acara dari Netflix, Hulu, dan Amazon Vids.

BACA JUGA: Fitur Terbaru Konsol PlayStation 5 akan Buat Seri Sebelumnya Terlihat Kuno

5. Mengalihkan aplikasi dengan cepat

PS4
Tombol di tengah untuk beralih ke aplikasi lain. (foto: walmart)

Ternyata banyak yang dapat kamu lakukan dengan PS4. Namun, beralih dari satu fitur ke fitur lainnya dapat jadi hal yang merepotkan. Sony ternyata sudah memperkirakan hal itu dan memberi solusi. Cukup tekan tombol PS di tengah stikmu, kamu dapat beralih ke aplikasi lain dengan mudah.

6. Atur PS4 sesuai kebutuhan anakmu

PS4
Atur sesuai kebutuhan dan keamanan anak. (foto: Youtube/rzepescamilla)

Beberapa konten dalam PS4 terkadang tak cocok untuk anak-anak. Selain itu, anak-anak biasanya lupa waktu ketika bermain. Oleh karena itu, alangkah baiknya ada yang mengawasi si kecil saat bermain. Namun, bagaimana jika kamu sedang ada urusan dan si kecil ingin bermain?

Tidak perlu bingung. PS4 memiliki pengaturan orangtua. Kamu dapat mengatur seberapa lama anakmu boleh bermain. Kamu juga dapat mengatur situs dan gim apa saja yang boleh si kecil akses. Komunikasi si kecil bersama pemain lain pun dapat kamu atur juga.


7. Unduh gim lewat ponselmu

PS4
Unduh gim lewat ponsel. (foto: softonic)

Bosan menunggu PS4mu mengunduh game yang ingin kamu mainkan? Atau baru membeli game dan ingin memainkannya begitu sampai di rumah? Ternyata kamu bisa menyuruh PS4mu mengunduh game lewat ponsel. Untuk bisa melakukan hal itu kamu tinggal mengunduh aplikasi PS4 di ponselmu.


8. Simpan datamu secara daring

PS4
Bisa menyimpan data secara daring. (foto: PlayStation Universe)


Terkadang penyimpanan yang ada di PS4 tidak cukup. Padahal banyak sekali data tersimpan yang sayang sekali jika harus dihapus. Berita baik untuk pemilik PlayStation Plus, data tersimpan dapat kamu tempatkan secara daring. Dengan begitu, kamu tak takut lagi penyimpananmu jadi penuh. Selain itu, data tersimpanmu bisa digunakan di konsol PS4 lain.

9. Gunakan Vita sebagai stik kedua

PS vita
PS Vita bisa jadi stik tambahan. (foto: youtube/spllitz)

Ingin bermain bersama teman, tapi tidak memiliki stik tambahan? Jika kamu punya Vita, kamu bisa mengubahnya menjadi stik. Cukup aktifkan fitur 'remote play' di Vita dengan akun PS4-mu. Meski tidak sebaik stik PS4, itu bisa jadi opsi ketika ingin bermain bersama.

10. Gunakan ponsel sebagai layar

PS4
Tak ada TV? Gunakan saja ponselmu. (foto: polygon)


Terkadang ada saja gangguan yang membuatmu tidak bisa bermain PS4. Salah satunya ketika harus berebut televisi. Namun, tenang saja karena kamu bisa bermain tanpa televisi. Gunakan ponselmu sebagai layar dengan mengunduh aplikasi 'Remote Play' milik Sony. Setelah itu, sambungkan stik kamu ke ponsel menggunakan Bluetooth. Kamu pun bisa bermain.(sep)

BACA JUGA: Ini 10 Game PS4 yang Harus Kamu Mainkan Sebelum PS5 Rilis!



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH