10 Fakta Menarik Usai Prancis Kalahkan Belgia di Semi Final Piala Dunia 2018 Samuel Umtiti mencetak satu gol kemenangan Prancis atas Belgia. (Twitter Equipe de France)

MerahPutih.com - Usai mengalahkan Belgia 1-0 di Arena St Petersburg, Saint Petersburg, (11/7) dini hari Wib, Prancis pun berhak melaju ke final Piala Dunia 2018. Perjuangan Prancis meraih tiket ke final tidaklah mudah. Mereka akhirnya bisa mengalahkan Belgia melalui tandukan Samuel Umtiti pada menit ke-52

Dalam pertandingan tersebut, Prancis mencoba mengambil alih jalannya laga saat menit-menit awal babak pertama. Namun, Belgia yang justru merebut kendali permainan.

The Red Devils, julukan Belgia menguasai jalannya laga. Belgia hampir saja membobol gawang Prancis pada menit ke-15, andai saja bola hasil tendangan Eden Hazard tidak melenceng tipis di tiang gawang sebelah kiri Les Bleus kawalan Hugo Lloris.

Prancis mendapat peluang emas melalui Lucas Hernandez pada menit ke-39. Sayang, bola hasil tendangan kaki kanannya masih bisa dimentahkan kiper Belgia, Thibaut Courtois dengan kaki kanan. Padahal, jarak tembak sangat leluasa di sisi kiri kotak penalti Belgia. Skor imbang tanpa gol menutup jalannya laga babak pertama.

Di babak kedua, Prancis langsung tancap gas. Les Bleus akhirnya bisa mencetak gol melalui Samuel Umtiti pada menit ke-52. Bola hasil sepakan kaki kiri Antoine Griezmann ditersukan melalui tandukannya. Skor 1-0 untuk Prancis.

Tertinggal satu gol, Belgia mencoba keluar menyerang secara penuh. Namun, justru Prancis yang hampir menggandakan kedudukan, andai tendangan Giroud dari dalam kotak penalti pada menit ke-57 tidak bisa di-block Mousa Dembele.

Belgia kembali hampir menyamakan kedudukan, jika bola hasil tendagan Axel Witsel tidak ditepis Lloris pada menit ke-81. Skor 1-0 bertahan untuk Prancis.

Hasil ini membuat Prancis melaju ke final Piala Dunia 2018, untuk menunggu pemenang antara Kroasia kontra Inggris. Sedangkan Belgia menghadapi perebutan tempat ketiga terbaik antara yang kalah dari laga Kroasia vs Inggris.

Pertandingan tersebut melahirkan banyak fakta menarik. Apa saja itu? Berikut 10 fakta menarik usai Prancis ke final Piala Dunia 2018:

1. Ini merupakan final ketiga Prancis di Piala Dunia. Sebelumnya, Prancis berhasil melaju ke final 1998 dan 2006. Salah satunya menjadi juara di tahun 1998.

2. Untuk kedua kalinya tiga bek timnas Prancis mencetak gol di Piala Dunia. Di Piala Dunia 2018 ada Pavard, Varane, dan Umtiti. Di Piala Dunia 1998 ada Lizarazu, Blanc, dan Thuram.

3. Prancis menjaga rekor selalu menang atas Belgia di Piala Dunia. Sebelumnya Prancis menang 2-1 atas Belgia di Piala Dunia 1938, dan menang 4-2 di Piala Dunia 1986.

4. Didier Deschamps menjadi sosok pertama dari Prancis yang membawa Les Bleus ke final Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

5. Prancis mematahkan rekor kemenangan Belgia dalam 24 laga terakhir. Ini merupakan kekalahan perdana Belgia dalam 25 laga terakhir. Sebelumnya, Belgia meraih 19 kemenangan dan lima hasil imbang.

6. Prancis meneruskan rekor jika unggul terlebih dahulu pasti meraih kemenangan di Piala Dunia 2018, dari babak penyisihan hingga semifinal.

7. Didier Deschamps jadi pelatih pertama Prancis yang membawa Les Bleus ke final Piala Eropa dan Piala Dunia secara berturut-turut (2016 dan 2018).

8. Ini merupakan gol perdana Samuel Umtiti di Piala Dunia 2018.

9. Ini kegagalan Belgia kedua kalinya ke final Piala Dunia. Sebelumnya, The Red Devils disingkirkan Argentina pada semifinal Piala Dunia 1986.

10. Antoine Griezmann terlibat 13 kali dari 20 gol Prancis di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. (BolaSkor.com)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH