10 Fakta Menarik Liverpool v Leeds United Liverpool v Leeds. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Juara bertahan Liverpool akan memulai laga perdana Premier League musim 2020/2021 melawan Leeds United di Anfield, Sabtu (12/9) malam WIB.

Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun Liverpool memulai Premier League dengan status juara. Di lain pihak bagi Leeds ini juga kiprah pertama mereka di Premier League dalam 16 tahun.

Baca Juga

Kalvin Phillips, Yorkshire Pirlo, dan Penantang Serius Declan Rice pada Posisi Gelandang Bertahan Timnas Inggris

Liverpool tidak akan kesulitan mengingat lawan yang dihadapi adalah tim promosi. Namun, Leeds bukanlah tim sembarangan. Mereka kini bisa dikatakan sedang dalam tahap kebangkitan di bawah era Marcelo Bielsa sebagai manajer.

Liverpool v Leeds

Sebagai tuan rumah, Liverpool pasti ingin memetik kemenangan sekaligus meneruskan rekor apik di kandang mereka. Terlebih agenda Liverpool di awal musim terbilang berat. Setelah menjamu Leeds, The Reds akan bertandang ke markas Chelsea dan kemudian menjamu Arsenal di Anfield.

Baca Juga

Profil Singkat 3 Klub Promosi Premier League 2020-2021

Sementara Leeds lewat permainan menekan yang intensif berpotensi menyulitkan tuan rumah dan berharap bisa membuka musim dengan kejutan.

1. Terakhir kali Leeds United menang atas Liverpool di Anfield terjadi pada April 2001. Kala itu Leeds menang 2-1 berkat gol Rio Ferdinand dan Lee Bowyer. Pada laga itu juga, meski mencetak satu gol, Steven Gerrard harus menerima kartu merah dari wasit.

2. Dalam tujuh musim terakhir, Liverpool tidak pernah menelan kekalahan dalam partai pertama. Dari tujuh musim tersebut, enam di antaranya berakhir dengan kemenangan.

3. Liverpool tercatat hanya sekali menelan kekalahan saat memulai liga dengan status juara, yaitu pada 1923. Saat itu Liverpool dibekuk West Ham United 2-0.

4. Leeds United tidak pernah kalah dalam laga pertama saat berkiprah di Premier League, menang lima kali dan imbang tujuh.

5. Sejak Sunderland mengalahkan Tottenham pada 2007, belum pernah ada lagi tim juara Championship yang memetik kemenangan pada laga pertama di Premier League.

6. Terakhir kali tim promosi yang mampu meraih kemenangan tandang terjadi saat Notts County mengalahkan Aston Villa pada 1981.

7. Dalam sejarah Premier League, sudah enam kali terjadi sang juara bertahan menjamu tim promosi. Semua berakhir dengan kemenangan untuk tuan rumah.

8. Marcelo Bielsa, 65 tahun, akan menjadi manajer tertua yang debut di Premier League setelah Dick Advocaat, yang berusia 67 tahun saat debut di Premier League ketika menukangi Sunderland pada 2015.

9. Bielsa menjadi manajer asal Argentina keempat yang tim Premier League.

10. Liverpool mencatat rekor 59 laga tidak terkalahkan di Anfield (48 menang, 11 imbang). Kekalahan terakhir terjadi pada April 2017 ketika dibekuk Crystal Palace. (Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH