10 Destinasi Wisata Sumsel yang Wajib Dikunjungi Saat Asian Games Jembatan Amprea, Palembang, Sumatera Selatan

MerahPutih.com - Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selain akan menyelenggarakan event olahraga terbesar se-Asia, Sumsel memiliki destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang memiliki potensi wisata yang bisa dimanfaatkan saat Asian Games demi menarik wisatawan asing dan lokal.

"Palembang itu tidak kalah dengan destinasi-destinasi unggulan lainya seperti Bali dan Jogja. Petensinya lengkap. Dan Asian Games merupakan momentum yang baik untuk mengangkat itu semua. Silahkan datang dan nikmati pesona Palembang," ujar Menpar Arief dikutip laman resmi Kemenpar, Rabu (16/5)

Berikut 10 destinasi unggulan tersebut:

1. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah keraton yang dibangun pada tahun 1780, yang juga merupakan pusat Kesultanan Palembang. BentengBenteng Kuto Besak sering menjadi venue penyelenggaraan berbagai festival dan panggung hiburan di Palembang. Viewnya ciamik berlatar belakang Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

2. Museum Balaputra Dewa

Museum Balaputra Dewa terletak di pegunungan Bukit Barisan. Tepatnya di sisi barat Sumatera Selatan. Museum Balaputra Dewa menyimpan berbagai koleksi dari zaman pra-sejarah, zaman Kesultanan Palembang, hingga ke zaman Kolonialisme Belanda. Museum ini juga menyimpan banyak koleksi arca yang berasal dari zaman megalith (kebudayaan batu besar) di Sumatera Selatan.

3. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS)

TPKS adalah sebuah taman yang mengoleksi benda-benda purbakala zaman Kerajaan Sriwijaya. Menurut interprestasi foto udara, lokasi TPKS juga merupakan tempat berdirinya Kerajaan Sriwijaya. Lokasi TPKS ternyata juga memilik sistem jaringan air. Hal ini menggambarkan bahwa ternyata sejak dulu, kawasan ini telah ditinggali masyarakat yang ahli di bidang tata air dan kemaritiman. Penataan TPKS terus dilakukan. Harapannya, merevitalisasi kembali arti penting Kerajaan Sriwijaya bagi Indonesia.

4. Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II

Museum ini berdiri di atas bangunan Benteng Koto Lama (Kuto Tengkurokato Kuto Batu) dimana Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo dan Sultan Mahmud Badaruddin I (1724-1758) memerintah. Mirip dengan TPKS, SMB juga memilki benda-benda bersejarah. SMB menyimpan 556 koleksi benda bersajarah mulai dari bekas peninggalan hingga Kesultanan Palembang.

5. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan adalah sebuah kawasan yang sangat kental dengan akulturasi antara budaya Palembang dan Tionghoa. Nilai budaya yang sangat terlihat dari Kampung Kapitan adalah struktur bangunan rumah di sana. Selain itu juga ada sebuah Batu Pagoda yang berdiri tegak dengan ketinggian 2,5 meter.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH