Melihat Aurora Borealis di Destinasi ini Bikin Kamu Masuk ke Dunia Lain Aurora borealis di langit Tromso. (Foto: instagram.com/photoandtraveling)

FENOMENA alam aurora hanya terjadi di bagian-bagian dunia tertentu. Fenomena itu terjadi ketika partikel-partikel Matahari bertabrakan saat memasuki atmosfer Bumi. Di bagian belahan utara Bumi, fenomena itu disebut aurora borealis.

Pertunjukan cahaya aurora cukup langka dengan kondisi cuaca dan posisi Matahari harus tepat. Namun, melalui beberapa penelitian, kamu mungkin cukup beruntung untuk melihatnya meski sekilas.

Dikutip Booking.com, berikut 10 daftar tujuan teratas untuk melihat cahaya utara menurut data dari para pelancong global.

1. Yellowknife, Kanada

Pemandangan aurora di Yellowknife. (Foto: instagram.com/jovannichoi)
Pemandangan aurora di Yellowknife. (Foto: instagram.com/jovannichoi)

Dengan jutaan mil dari hutan belantara yang terpencil dan tak berpenghuni, Kanada memiliki beberapa tingkat polusi cahaya terendah di dunia, sehingga sempurna untuk melihat aurora. Wilayah barat laut yang paling dekat dengan Lingkaran Arktik merupakan tempat terbaik untuk menangkap cahaya hijau yang terkenal itu.

2. Fairbanks, Alaska

Pemandangan aurora borelialis di Fairbanks. (Foto: instagram.com/explorefairbanks
Pemandangan aurora borelialis di Fairbanks. (Foto: instagram.com/explorefairbanks)

Alaska merupakan tempat paling pas untuk mendapatkan pemandangan aurora. Berkat garis lintang utara, Kota Fairbanks berada tepat di bawah serangkaian aktivitas aurora dan memiliki sistem prakiraan sendiri.


3. Kalfafell, Islandia

Pemandangan aurora di Kalfafell. (Foto: instagram.com/suivezcheryl)
Pemandangan aurora di Kalfafell. (Foto: instagram.com/suivezcheryl)

Dusun kecil Kalfafell terletak di pinggiran Taman Nasional Vatnajokull, dekat gletser Vatnajokull. Langit di daerah ini berwarna hitam pekat, memberi pengunjung banyak peluang untuk melihat 'lampu hijau' saat menari di langit Islandia.

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH