10 Catatan Menarik Setelah AS Roma Depak Barcelona dari UCL AS Roma menekuk Barcelona 3-0 (Zimbio)

MerahPutih.com - AS Roma di luar dugaan mampu membalikkan keadaan saat menjamu Barcelona pada pertandingan leg kedua Liga Champions 2017-2018 di Olimpico Stadium, Selasa (10/4) waktu setempat. Meski kalah 4-1 pada leg pertama, Daniele De Rossi dan kawan-kawan menjungkalkan Barcelona 3-0 pada leg kedua.

Aroma kebangkitan AS Roma sudah tercium setelah tuan rumah unggul ketika pertandingan baru berjalan enam menit. Edin Dzeko mampu memperdaya barisan belakang Barcelona dan menceploskan bola ke gawang Marc-Andre ter Stegen.

Pada babak kedua, AS Roma mendapat hadiah penalti setelah Dzeko dilanggar Gerard Pique di kotak terlarang. De Rossi yang ditunjuk sebagai algojo melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang yang tak mampu dihentikan Marc-Andre ter Stegen.

Daniele De Rossi (Zimbio)
Daniele De Rossi (Zimbio)

Seluruh stadion bergemuruh setelah kostas Manolas mencetak gol delapan menit jelang pertandingan berakhir. Memanfaatkan sepak pojok, sang pemain menyundul bola yang dengan mulus meluncur ke pojok kanan gawang Blaugrana. Gol tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta dan memastikan AS Roma melaju ke semifinal karena unggul agresivitas.

Setelah pertandingan, tercipta beberapa catatan memesona yang ditorehkan AS Roma maupun Barcelona. Berikut 10 di antaranya.

3. AS Roma telah mencapai semifinal kompetisi Eropa untuk kedua kalinya sepanjang sejarah klub. Seriga Ibu Kota mengulangi pencapaian pada musim 1983-1984.

4. Barcelona hanya mengemas tiga tembakan dari dalam kotak penalti ketika bersua AS Roma. Jumlah tersebut menjadi yang terendah pada musim 2017-2018.

5. AS Roma mencatatkan lima clean sheet berturut-turut ketika menjamu lawannya di Olimpico Stadium pada Liga Champions 2017-2018.

6. Selasa menjadi hari yang buruk bagi Barcelona. Sebab, anak asuh Ernesto Valverde tersebut kebobolan lebih banyak gol seperti 10 pertandingan sebelumnya.

7. Barcelona tidak pernah menang dalam 5 pertandingan (Satu seri, empat kalah) tandang terakhir pada fase gugur di Liga Champions. Blaugrana kebobolan 13 gol dan mencetak satu gol.

8. Edin Dzeko telah mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan terakhirnya di Liga Champions melawan Barcelona. Jumlah tersebut lebih banyak dari yang ia cetak ke klub lain.

9. Dzeko selalu mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut di Liga Champions. Sang pemain pernah melakukan hal serupa pada 2009.

10. Daniele de Rossi mencetak gol pertamanya di Liga Champions sejak mengemas dua gol melawan Bayer Leverkusen pada Oktober 2015. (*)

Sumber: bolaskor.com. Baca juga berita terkait di: Kejutan Liga Champions, Barca Tersingkir di Kandang AS Roma


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH