10 Artis Peraih Billboard Music Awards Terbanyak Sepanjang Sejarah Taylor Swift memenangkan 7 piala pada tahun 2015. (Foto: thisisinsider.com)

TELAH diselenggarakan sejak tahun 1990, Billboard Music Awards telah menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi di industri musik dunia. Diselenggarakan setiap bulan Mei, Billboard Music Awards 2019 akan disiarkan secara langsung di NBC pada 1 Mei.

Pada Billboard Music Awards tahun ini, nominasi dan pemenang yang ditentukan dari berbagai faktor, mulai dari interaksi dengan para penggemar, penjualan album dan lagunya di platform digital, pemutaran di radio, jumlah streaming, tur, hingga keterlibatan sosial artis.

Menyambut acara Billboard Music Awards 2019 yang akan kembali dipandu oleh Kelly Clarkson, yuk kita lihat 10 artis peraih piala Billboard Music Awards terbanyak sepanjang masa, siapa saja mereka?

1. Janet Jackson Memenangkan 11 Piala

10 Artis Peraih Billboard Music Awards Terbanyak Sepanjang Sejarah
Janet Jackson memenangkan Icon Award di Billboard Music Awards 2018. (Foto: Complex)

Penyanyi, aktris, sekaligus penari yang memulai karirnya pada acara TV serial berjudul The Jacksons pada tahun 1976. Menjadi anak termuda dari keluarga Jackson, Janet Jackson menjadi sosok yang berhasil meneruskan keberhasilan keluarga setelah kematian Michael Jackson pada 2009 lalu.

Janet Jackson memenangkan delapan pialanya pada tahun 1990, satu piala pada tahun 1995 dan 2001, serta memenangkan kategori Icon Award pada tahun 2018 lalu yang menjadi piala Billboard Music Awards terakhirnya saat ini.

2. Rihanna telah mengambil selusin piala Billboard Music Awards sejak 2006

10 Artis Peraih Billboard Music Awards Terbanyak Sepanjang Sejarah
Rihanna memberikan pidato kemenangan pada Billboard Music Awards 2016. (Foto: Lainey Gossip)

Meskipun tidak masuk dalam nominasi Billboard Music Awards 2019, namun Rihanna telah memenangkan 12 piala sejak tahun 2006 lalu, dan juga telah menjadi nominasi untuk Billboard Music Awards sebanyak 68 kali.

Alasan Rihanna tidak masuk ke dalam nominasi Billboard Music Awards adalah karena ia belum merilis album baru sejak tahun 2016 lalu.

3. Mariah Carey berhasil mendaptkan 15 penghargaan atas suara emasnya

10 Artis Peraih Billboard Music Awards Terbanyak Sepanjang Sejarah
Mariah Carey memenangkan 5 piala pada Billboard Music Awards 2015. (Foto: Mariah Carey)

Mariah Carey telah membuktikan kecemerlangan karir bermusiknya dengan sederet piala penghargaan, termasuk 15 piala penghargaan Billboard Music Awards.

Piala ke-15 dari Mariah Carey akan didapatkannya pada Billboard Music Awards tahun ini dengan kategori "Icon Award", setelah terakhir menerima piala Billboard Music Awards tahun 2005 silam.

4. Drake berhasil memanjat daftar piala terbanyak dengan 15 piala yang dimilikinya

10 Artis Peraih Billboard Music Awards Terbanyak Sepanjang Sejarah
Drake berhasil memenangkan 13 piala pada Billboard Music Awards 2017. (Foto: yahoo.finance.com)

Baru memenangkan piala Billboard Music Awards pertamanya pada tahun 2016 menjadi bukti bahwa dalam empat tahun belakangan ini merupakan titik puncak kesuksesan penyanyi sekaligus rapper Drake.

Saat ini Drake telah mendapatkan 15 piala Billboard Music Awards, dan diharapkan akan menambahkan koleksi pialanya karena Drake telah dinominasikan sebanyak 17 kategori pada Billboard Music Awards 2019.

Jika Drake berhasil banyak memenangkan kategorinya tahun ini, maka pelantun lagu One Dance ini bisa menjadi musisi dengan piala Billboard Music Awards terbanyak sepanjang sejarah.

5. Sepanjang hidupnya, Whitney Houston memenangkan 16 piala Billboard Music Awards

10 Artis Peraih Billboard Music Awards Terbanyak Sepanjang Sejarah
Whitney Houston telah memenangkan total 16 piala. (Foto: Twitter.com_Whitney_houston_News)

Penyanyi dengan suara emas dan tinggi yang lahir pada tahun 1963 ini berhasil meraih penghargaan Billboard Music Awards pertamanya pada tahun 1991, dan meraih 11 piala sekaligus setahun kemudian.

Pelantun lagu I Will Always Love You ini mendapatkan 16 piala Billboard Music Awards sepanjang hidupnya, setelah ditemukan meninggal karena tenggelam di bak mandi dan serangan jantung serta adanya pengaruh penggunaan kokain pada tahun 2012 lalu.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH