1 Orang Meninggal Akibat Gempa Bantul

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 01 Juli 2023
 1 Orang Meninggal Akibat Gempa Bantul
Dampak gempa di Bantul (Istimewa dokumen TRC BPBD DIY)

MerahPutih.com - Gempa yang terjadi pada Jumat (30/6) malam dengan pusat di Bantul, dirasakan dampaknya oleh masyarakat Yogyakarta. Dampak dari gempa bumi ini, sejumlah bangunan di DIY mengalami kerusakan.

Selain berdampak pada bangunan, gempa juga menyebabkan seorang warga di Kabupaten Bantul meninggal dunia.

Baca Juga:

Jalur KA Daop Cirebon dan Yogya Dinyatakan Aman Usai Gempa Bantul

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Bantul Antonio Hutagaol mengatakan ada korban meninggal dunia karena gempa. Namun menurut Antonio, korban meninggal bukan karena tertimpa reruntuhan bangunan tetapi karena kaget dan jatuh saat gempa terjadi.

"Ada satu warga Mulyodadi, Bambanglipuro atas nama Sudirah 67 meninggal dunia karena kaget dan terjatuh dari tempat tidur saat gempa," kata Antonio.

Antonio menambahkan, selain itu adapula satu orang warga di Kecamatan Srandakan yang mengalami luka karena gempa bumi itu. Korban, kata Antonio tertimpa lepan atau alat pertukangan untuk memplester tembok.

"Hingga pukul 22.40 WIB, update data ada satu warga Srandakan inisial AD (80) kejatuhan lepan di kepala. Korban sudah dibawa ke RS dan lanjut rawat jalan," ucap Antonio.

Sementara itu, Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Syamsurizal mengatakan, gempa berdampak pada kerusakan sejumlah bangunan di DIY. Berdasarkan data yang masuk sementara, total ada 33 bangunan rusak terdampak gempa bumi.

"Dampak kejadian di Kabupaten Gunungkidul total ada 28 bangunan terdampak gempa yaitu 19 unit rumah rusak, 5 unit bangunan fasilitas pemerintah, 1 tempat ibadah, 1 tempat usaha, 1 fasilitas pendidikan dan 1 kandang ternak," kata Danang.

Kabupaten Bantul menyebabkan ada 4 bangunan mengalami kerusakan. Bangunan yang rusak ini terdiri dari 3 rumah warga dan 1 fasilitas pendidikan. Untuk Kabupaten Kulon Progo total ada 1 bangunan terdampak. Bangunan itu adalah fasilitas kesehatan. (Cahyo/ Yogyakarta)

Baca Juga:

Rumah dan Jaringan Listrik Alami Kerusakan Akibat Gempa di Bantul

#Gempa #Bencana Alam
Bagikan
Bagikan