1 Juta Ruang Kelas Rusak, PSI Gagas Gerakan Solidaritas Bela Sekolah

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 19 Januari 2022
1 Juta Ruang Kelas Rusak, PSI Gagas Gerakan Solidaritas Bela Sekolah
Sekolah rusak. (Foto: PSI)

MerahPutih.com - Kondisi miris menimpa sejumlah ruang kelas di SMPN 1 Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dari 21 ruang kelas, 9 di antaranya tidak bisa digunakan lagi, 2 ruang kelas bahkan sudah ambruk rata dengan tanah. Satu laboratorium IPA juga tak bisa digunakan.

"Kalau sekolah yang relatif dekat dari Jakarta saja rusak parah begini, bagaimana kondisi banyak sekolah di pelosok Tanah Air?" Direktur Propaganda dan Advokasi Kebijakan Publik DPP PSI, Furqan AMC dalam keterangnya, Rabu (19/1)

Baca Juga:

Anies Diminta Fokus Tangani Omicron, PSI: Kasus Turun, Elektabilitas Pasti Naik

Dari 12 ruang kelas yang masih difungsikan, 5 di antaranya darurat, tetap digunakan karena keterbatasan ruang kelas. Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Cabungbungin, Rukmin menyatakan, pihaknya berharap perbaikan segera dilakukan.

"Sebab terus-terang saja kami kekurangan ruang belajar. Dengan jumlah siswa hampir 800, kalau pembelajaran tatap muka 100 persen, jelas kami sangat-sangat kekurangan," kata Rukmin.

Furqan mengatakan, tidak mungkin dibiarkan siswa belajar dalam suasana yang begitu memprihatinkan. Karena itu bagi PSI tidak ada tawar-menawar, jangan ditunda-tunda, agar SMPN 1 Cabangbungin segera mendapat perbaikan.

Ia berharap, tidak hanya SMPN 1 Cabangbungin tentunya yang diperbaiki.

Sekolah rusak. (Foto: PSI)
Sekolah rusak. (Foto: PSI)

"Momentum ini seharusnya menjadi awalan yang baik dan serius untuk memperhatikan kondisi sekolah di seluruh Indonesia," lanjut Furqan.

Dalam catatan PSI, ada 1 juta ruang kelas yang rusak di seluruh Indonesia. Berangkat dari data ini, PSI menggagas Gerakan Solidaritas Bela Sekolah.

"PSI akan mendorong perbaikan sekolah-sekolah rusak tersebut. Semua siswa berhak memperoleh ruang belajar yang aman dan nyaman,” kata Furqan. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Terdakwa Korupsi Asabri Lolos dari Hukuman Mati, Kejagung Lakukan Perlawanan

#PSI #Sekolah
Bagikan
Bagikan