1.700 Masjid Beri Sumbangan Rohingya Pengungsi Rohingya menangis setelah menyebrang perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Selasa (5/9). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

MerahPutih.com - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau kepada semua masjid, dengan jumlah lebih dari 1.700, di Makassar untuk memberikan sedikit bantuannya dari hasil celengan Jumat para jamaah untuk para pengungsi Rohingnya.

"Insyaallah kita akan umumkan ini dan sosialisasikan secara luas kepada masyarakat dan pengurus masjid. Tidak banyak, hanya mengeluarkan sedikit dari sumbangan celengan Jumat para jamaah," ujar Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto di Makassar, Jumat (8/9).

Wali Kota bersama beberapa pejabat yang menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Al-Markaz Al-Islami itu meminta kesediaan para jamaah untuk bisa membantu pengungsi Rohingya.

Permintaan Wali Kota itu kemudian memantik para jamaah untuk mendonasikan sebagian uangnya yang juga diikuti oleh para pengurus masjid Al-Markaz Al-Islami itu.

"Penduduk Rohingya yang terbuang dari negaranya Myanmar kini tengah mengungsi di berbagai belahan negara yang ada. Termasuk di Indonesia dan di Makassar ini, ada pengungsinya," katanya.

Disebutkannya, beberapa penduduk Rohingya saat ini menetap sementara di Kota Makassar. Para pengungsi ini membutuhkan bantuan untuk kebutuhannya sehari-hari.

Karenanya, dirinya kemudian ingin mengetuk hati para warga Makassar dan melalui masjid-masjid dirinya berharap agar semua masjid bisa mendonasikan sebagian pendapatan amal jamaah kepada muslim Rohingnya.

"Setiap perubahan bukan justru memecah bela umat. Kita berjuang hal yang nyata, secara diplomasi kita menyuarakan dukungan. Tapi yang mereka butuhkan itu yakni dukungan logistik bagi rakyat Rohingya yang sekarang sedang menderita," ucapnya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH