K-Pop

1,33 Juta Orang 'Kumpul' di Konser Muster Sowoozoo BTS

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 15 Juni 2021
1,33 Juta Orang 'Kumpul' di Konser Muster Sowoozoo BTS
Konser virtual BTS meraih 1,33 juta penonton. (Foto HYBE Labels)

UNTUK merayakan hari ulang tahun mereka yang kedelapan, BTS menggelar serangkaian acara yang puncaknya ditutup dengan konser virtual dua hari bertajuk Muster Sowoozoo. Walaupun tidak ada penonton luring, BTS tetap memecahkan rekor melalui jumlah penonton terbanyak untuk konser virtual K-pop.

Berdasarkan rilis pers yang dikeluarkan Big Hit Music, ada 1,33 juta orang dari 195 negara dan wilayah berbeda yang menonton 'Sowoozoo'. BTS berhasil melampaui rekor mereka sendiri dengan mengalahkan jumlah penonton konser MAP OF THE SOUL ON:E yang digelar pada Oktober 2020 dengan 993 ribu orang dari 191 negara dan wilayah.

BACA JUGA:

Rayakan Ulang Tahun Kedelapan, BTS Gelar Muster

Maeil Kyungjae membuat laporan eksklusif untuk memperkirakan berapa pendapatan yang dihasilkan septet itu dari konser dua hari itu. Harga tiket normal konser itu ialah 49.500 won (Rp 631 ribu) dan tiket 4K ialah 59.500 won (Rp 758 ribu).

BTS
Walau tidak ada penonton, BTS berhasil mendapat predikat sebagai konser virtual dengan penonton terbanyak. (Foto HYBE Labels)

Dari penjualan tiket saja, mereka bisa menghasilkan antara 65,8 miliar won (Rp 838,8 miliar) dan 79,1 miliar won (Rp 1 triliun). Selain itu, agensi juga menjual merchandise spesial Sowoozoo yang turut menyumbang setidaknya 1 miliar won. Oleh karena itu, Maeil Kyungjae memberi perkiraan total pendapatan menjadi lebih dari 80 miliar won (Rp 1,01 triliun).

Angka ini tentulah sangat fantastis. Membuktikan betapa masifnya fandom BTS dari seluruh dunia. Ketika melihat konser daring berbayar lainnya, BTS masih memuncaki jumlah penonton terbanyak. Setelah Muster Sowoozoo dan MAP OF THE SOUL ON:E, ada BLACKPINK 'THE SHOW' dengan 280 ribu penonton. Selanjutnya ditempati oleh konser 'NCT: Resonance: Global Wave' yang ditonton 200 ribu orang dari 124 negara. Kemudian disusul 'Beyond LIVE - SHINee WORLD' yang disaksikan 130 ribu penonton dari 120 negara.

BTS
Berkat penjualan tiket dan merchandise, BTS dilaporkan mengantongi Rp 1 triliun. (Foto HYBE Labels)

Posisi kelima diisi oleh Super Junio dengan 123 ribu penonton. Selanjutnya ada Baekhyun EXO dan NCT 127 dengan 110 ribu dan 104 ribu penonton. Terakhir, ada TWICE dan SuperM yang memperoleh jumlah penonton sebanyak 100 ribu dan 75 ribu. Angka yang termasuk cukup baik mengingat keduanya adalah pionir grup yang mencoba konser berbasis virtual.(sam)

#BTS #Musik #K-Pop
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan