1,2 Juta Warga DIY bakal Terima Vaksinasi Booster

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 14 Januari 2022
1,2 Juta Warga DIY bakal Terima Vaksinasi Booster
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X meninjau pelaksanaan Vaksinasi booster di JEC, Bantul Kamis (13/1). Foto: Humas Pemprov DIY

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta sudah melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster pada Kamis (13/1).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie menyampaikan, sebanyak 1,2 juta warga di lima kabupaten/kota segera mendapatkan vaksin COVID-19 dosis penguat.

Baca Juga

8 Juta Warga Jakarta Bakal Dapat Vaksinasi Booster

Jumlah tersebut merupakan data warga di DIY yang sudah dua kali menerima vaksin dan memenuhi persyaratan untuk menerima vaksin tahap 3 (boster).

"Harapannya vaksinasi penguat dapat menjangkau hingga 75 persen warga di DIY sehingga imun kita naik lagi dan kekebalan kelompok terbentuk," ujar Setyaningastutie di JEC, Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (14/1).

Pembajun mengatakan vaksinasi penguat tahap pertama menyasar warga lansia, tenaga pendidik dan pelayan publik yang telah minimal enam bulan lalu mendapatkan vaksin dosis kedua.

Pemda menggunakan tiga vaksin yang untuk penyuntikan dosis ketiga tersebut, yakni AstraZeneca, Pfizer serta Moderna. Target ada lima ribu warga yang ikut dalam vaksinasi kloter pertama.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, pelaku pariwisata termasuk dalam pelayan publik yang akan segera mendapatkan vaksinasi booster.

Baca Juga

17 Ribu Guru di Yogyakarta Ikuti Vaksinasi Booster

Dia meyakini dengan mendapat suntikan vaksin penguat, para pelaku pariwisata di DIY akan lebih percaya diri melayani para pengunjung, apalagi belakangan muncul varian baru Omicron.

"Pelaku pariwisata merupakan garda terdepan untuk pertumbuhan dan pemulihan ekonomi, kami usulkan untuk dijadwalkan suntikan ketiga atau booster," kata Singgih di Yogyakarta, Kamis.

Dispar DIY mengusulkan vaksin penguat untuk 15.000 pelaku wisata di level provinsi dan selebihnya dapat dilanjutkan di level Kabupaten/Kota.

Belasan ribu pelaku wisata yang diusulkan tersebut, mulai dari pelaku wisata yang tergabung dalam asosiasi, destinasi wisata, hingga industri pariwisata.

Berdasarkan catatan Dispar DIY, sebanyak 32.000 lebih pelaku wisata di DIY telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama dan kedua. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca Juga

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Jakpus Lebih dari 80 Persen

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #COVID-19 #Kasus COVID-19 #PPKM
Bagikan
Bagikan