1.000 Hari Wafat Ibunya, Jokowi Pasang Nisan Makam

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 18 Desember 2022
1.000 Hari Wafat Ibunya, Jokowi Pasang Nisan Makam
Suasana pengajian 1000 hari wafatnya ibu Presiden Jokowi. (Foto: Ismail)

MerahPutih.com - Keluarga Presiden Jokowi menggelar pengajian 1.000 hari peringatan meninggalnya ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, di kediaman almarhum, Minggu (18/12).

Usai pengajian, presiden Jokowi menuju ke Tempat Pemakaman Umum. (TPU) keluarga TPU Dusun Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah untuk memasang nisan makam sang ibunda Sudjiatmi.

Baca Juga:

Jokowi Hadiri Pengajian Wafat Ibunya, Kaesang - Erina Absen

Pengajian sendiri berakhir pukul 12.00 WIB, Jokowi langsung meninggalkan lokasi acara menuju ke kediaman pribadi. Usai berziarah ke makam Jokowi terbang kembali ke Jakarta dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo.

Adik kadung Jokowi Titik Relawati mengatakan presiden Jokowi datang diacara pengajian tersebut. Selain itu, juga dihadiri adik Jokowi serta putra bungsu Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka dan Ketua MK Anwar Usman.

"Kegiatan ini hanya yasinan 1.000 hari almarhum ibu Sudjiatmi. Selama dua tahun ini tidak bisa mengadakan tahlilan karena pandemi COVID-19," kata Titik, Minggu (18/12).

Dikatakannya, pihak keluarga hanya undang tetangga dan saudara untuk ikuti pengajian peringatan 1.000 hari meninggalnya almarhumah Sudjiatmi. Dia bersyukur acara berlangsung lancar.

"Acara dihadiri kakak, Jokowi dan keponakan Gibran. Tamu undangan ratusan orang. Beliau (Jokowi) tidak memberikan sambutan hanya duduk. Yang sambutan Pak Anwar Usman karena paling senior diantara keluarga almarhum," katanya.

Ia mengaku untuk Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gidono pamit ke Jakarta ada keperluan lain. Setelah acara pengajian, Presiden Jokowi ke makam memasang nisan makam.

Sejumlah pejabat negara hadir di acara itu diantaranya adalah Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MUI Jawa Tengah KH Ahmad Darodji, dan Pamdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Jokowi juga undang artis Arya Saloka atau Aldebaran Alfahri pemeran film Ikatan Cinta. Kedatangan Arya itu membuat heboh jamaah. Bahkan, menjadi rebutan foto para jamaah pengajian, tamu dan Polwan Polresta Surakarta.

Ditemui awak media Arya Saloka tak menampik kedatangannya atas permintaan Presiden Jokowi untuk datang diacara peringatan 1.000 hari meninggalnya ibunda Sudjiatmi

"Saya dapat undangan dari beliau (Jokowi) untuk datang pengajian peringatan 1.000 hari meninggalnya ibunda Sudjiatmi di Solo," kata Arya, Minggu (18/12). (Ismail / Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jokowi Akui Pernah Grogi dan Takut saat Dipanggil Bawaslu

#Jokowi
Bagikan
Bagikan